loader image

Kapolres Batola Koffee Morning Bersama Insan Pers

Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno SIK, didampingi Kabag Ops Kompol Iwan Gazi, PJU, para Kabag, Kasat, dan kapolsek Jajaran bersama Insan Pers. (rizal)

BATOLA – Untuk mempererat tali silaturahim bersama mitra dan saling bekerja sama dalam pemberitaan kriminalitas di wilayah hukum setempat, Kapolres Barito Kuala, AKBP Bagus Suseno SIK, melakukan Koffe Morning bersama Insan Pers, di Aula Mako setempat, Kamis (24/10) pagi berakhir siang.

Didampingi Kabag Ops Polres Barito Kuala Kompol Iwan Gazi, para PJU, para Kabag, para Kasat, dan Kapolsek Jajaran, koffe morning ini begitu hidup, nampak keakrapan kepolisian dan insan pers di yang melakukan peliputan terkait pemberitaan kriminalitas di wilkum Polres Barito Kuala.

Kepada para jurnalis kriminalitas ini Kapolres berpesan, budayakan untuk mengkonfirmasi setiap peristiwa kriminalitas di wilayah hukum di sini, “Kita adalah mitra, Polisi dan wartawan adalah mitra, saling bekerja sama dan meliput kerja sama dan kampanye salah satu kampanye di masyarakat,” katanya.

Lanjutnya kepolisian pun terbantukan, baik dalam pemberitaan menonjol terkait pengungkapan kriminalitas, kegiatan fositif, atau kepolisian dalam mencari bibit unggul, kegiatan aktuf berkampanye mencari calon nggota polri baru, “Kita perlu pengenalan dan ekploitasi juga dari pemberitaan media,” ucapnya.

Bagus juga berharap, hubungan baik yang sudah terjalin selama ini bisa ditingkatkan, “Saya harapkan hubungan yang terjalin dengan baik, bisa  ditingkatkan, bersama saling sport dan saling menyemangati,” imbuhnya.

Jadi sebisanya rekan – rekan, berita yang di ekspose bisa meningkatkan citra kepolisian di masyarakat dari keberhasilan, “Saya menitip, kalau pelanggaran dilakukan anggota, untuk di konfirmasi dahulu, sedini mungkin tasan hukum pun bisa menasehati, karena nila setitik usaha yang baik itu hilang,” tuturnya.

Lanjutnya, Wartawan bisa mengkonfirmasi dan punya tanggung jawab di wilkum masing – masing, “Silakan bila ada informasi peristiwa penangkapan atau informasi lainnya.

Yang ada hubungannya dengan pemberitaan, yang ada bisa langsung di  konfirmasi ke Kabag, Kasat dan kapolsek Jajaran, bisa juga langsung ke Kasubbag Humas lebih dahulu, sementara itu Kapolres cukup membenarkan, “Tidak perlu harus statmen Kapolres dulu, saya hanya membenarkan,” pintanya.

Banyak kejadian yang bisa kita ekspose, dari sisi wartawan dari nilai berita, Kapolres juga meminta wartawan untuk menuangkan keluhan atau kesulitan selama menggali atau mengkonfirmasi terkait pemberitaan yang di butuhkan wartawan kriminalitas.

Birokrasi simpel berita dapat, dan harus ada solusi, terkadang ada juga informasi berita sesuatu yang tidak seharusnya di beritakan dugaan sara, dan  bagaimana wartawan harus mengkonfirmasi. “Dari sisi keterbukaan informasi, saat ini semua harus serba terbuka,” imbuhnya.

Bagus juga mengusulkan ke awak media, untuk lebih baiknya bisa konfirmasi ke Humas Polres Batola, atau bisa langsung ke Kabag, Kasat atau Kapolsek, dimana orgen kejadian, “Saya sependapat saja, berita nunggu informasi agak lama, bisa saja langsung,” tuturnya.

Kapolresta juga meminta Kasubbag humas Iptu untuk menangani konfirmasi para wartawan, semisal ada kejadian harus ada konfirmasi jangan sampi terjadi over lofing di media sudah keluar. “Butuh berita baik 1000, untuk menutupi satu anggota nakal, jangan sampai ini terjadi di Jajarannya,” kata Bagus.

Dia mengatakan, “Terjadi begitu saja, intinya polisi dan wartawan harus terus komunikasi, terkait peristiwa untuk pemberitaan, intinya komunikasi bukan membredelisasi pemberitaan, tapi konfirmasi untuk kasus tertentu, semoga ini  bermanfaat, komunikasi lancar, polisi dan wartawan lebih akrab,” selanya. sam/mb05