loader image

Website Informasi Ekspor Impor

JAKARTA – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, pada hari ini meresmikan pembukaan Trade Expo Indonesia 2019 yang ke-34 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

Dalam kesempatan itu, Enggar juga meluncurkan website khusus yakni www.exim.kemendag.go.id. Website ini bisa dikunjungi oleh para eksportir dan pelaku usaha yang ingin mengetahui informasi terkait perdagangan internasional.

“Kami juga berhasil kumpulkan data dan informasi terkait aturan ekspor impor dan tarif semua informasi dalam satu sistem terintegrasi yakni www.exim.kemendag.go.id,” katanya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu (16/10).

Menurutnya, peluncuran website ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekspor. Sebab, selain melakukan diskusi dan pertemuan bisnis, ketersediaan informasi jadi sangat penting untuk memberikan kejelasan kepada pelaku usaha.

Enggar menjelaskan di dalam website tersebut tersedia berbagai informasi terkait perdagangan internasional. Beberapa diantaranya adalah tarif dan aturan ekspor-impor negara tujuan, hingga ketentuan-ketentuan keterangan negara asal.

Enggar berharap, dengan adanya website ini khususnya UMKM bisa terbantu. Dengan begitu, produk lokal akan semakin mudah dikirim ke luar negeri.

“Hanya dengan satu klik, kita bisa menemukan informasi yang dibutuhkan. Ini akan membantu pengusaha terutama UMKM untuk dapat info tentang ekspor dan impor serta pelayanan publik secara cepat, up to date, dan gratis,” tambahnya. kump/mb06