Arsip Kunci Penataan Data

SOSIALISASI – Asisten III saat membuka acara Dinas Kearsipan adakan sosialisasi mengenai Peraturan Bupati Balangan No 14 tahun 2019 tentang Naskah Dinas serta No 32 tahun 2019 tentang Pedoman Klasifikasi Arsip di lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan. mb/sugiannor

PARINGIN – Dalam rangka re­for­masi birokrasi pen­ye­le­ng­ga­ra­an pemerintah yang bersih dan baik, Dinas Kearsipan adakan so­si­alisasi mengenai Peraturan Bu­pati Balangan No 14 tahun 2019 ten­tang Naskah Dinas serta No 32 tahun 2019 tentang Pedoman Kla­sifikasi Arsip di lingkup Pe­merintah Kabupaten Balangan, di Aula Wisma Manyandar.

Bupati Balangan, An­sha­rud­din dalam sambutannya yang di­ba­cakan oleh Asisten 3 Setda Ba­la­ngan, Hasmiati mengatakan Pe­me­rintah Kabupaten Balangan sa­ngat mengapresiasi sekali de­ng­an di adakannya sosialisasi ten­tang kearsipan yang di­la­k­sa­na­kan oleh Dinas Kearsipan Ka­bu­paten Balangan.

“Kearsipan ini sangat pen­ting, karena ketika arsip itu tertata d­e­ngan baik, sehingga me­mu­dah­kan apabila arsip itu di per­lu­kan,” ucapnya.

Hasmiati berharap dengan ada­nya pembekalan dari Dinas Ke­arsipan, mampu memudahkan se­mua jajaran SKPD dalam me­nata arsip dengan baik dan benar. Di­samping itu, Mariana selaku Sek­retaris Dinas Kearsipan Ka­bu­paten Balangan juga me­nam­bahkan tujuan diadakan kegiatan ini untuk menindak lanjuti pelak­sanaan undang-undang yang di­perintahkan.

“Bupati mengharapkan ke­pada kita selaku pemerintah dae­rah agar bisa melakukan so­si­a­li­sasi dalam tata pengelolaan ke­ar­sipan yang baik dan benar, se­hingga dapat mencapai p­eme­rin­tah yang Good Government,” ka­tanya.

Selain itu, Muhammad se­la­ku Kasi Pembinaan Kearsipan Pe­ra­ngkat Daerah juga me­ng­a­ta­kan, 2 Perbup yang diberikan oleh pe­merintah merupakan awal dari sua­tu arsip, yang mana apabila ar­sip tersebut sudah terkelola den­gan benar maka arsip akan ter­tata rapi.

“Mengenai pedoman kla­si­fikasi arsip maknanya adalah me­ng­umpulkan nomor surat agar sur­at yang akan dikeluarkan nanti tid­ak sama dengan urusan dan ke­lasnnya,” tuturnya.

Jadi inti dari Pedoman klasi­fikasi arsip perihal dengan nomor itu artinya sama, dengan maksud un­tuk memudahkan penemuan kem­bali dan penyimpanan pen­yu­sunan arsip di SKPD. Ke­gi­atan ini tidak hanya belangsung di SKPD saja, melainkan juga akan berjalan ke desa, ormas, orpol, dan perusahaan. SA/mb03