Akomodir Data Statistik Sektoral

STATISTIK – Rapat mengenai kompilasi dan pengolahan data statistik sektoral bersama Badan Pusat Statistik ke beberapa SKPD terkait yang bertempat di Ruang Rapat Diskominfo.ist

PARINGIN – Bidang Statistik Sektoral Dis­kom­­info Balangan adakan rapat mengenai kom­pilasi dan pengolahan data statistik sek­toral bersama Badan Pusat Statistik ke be­be­rapa SKPD terkait yang bertempat di Ru­ang Rapat Diskominfo, kemarin.

Dedy Winarno Selaku Kepala Badan Pu­sat Statistik menyampaikan bahwa pihak Ba­dan Pusat Statistik Kabupaten Balangan men­yambut baik upaya yang dilakukan oleh Dis­kominfo untuk membangun dan men­yu­sun data dengan baik karena data sektoral ini adalah data yang sangat beraneka ragam serta banyak jenisnya dari berbagai SKPD terkait.

“Dengan adanya kegiatan ini mudah mu­da­han bisa membentuk data sektoral yang aku­rat, berkualitas dan berintegritas,” ucap­nya.

Dedy berharap, semoga di tahun be­ri­kutnya data sektoral ini menjadi salah satu ba­gian yang dapat membangun data dengan baik di Indonesia sesuai dengan perpes No. 39 tahun 2019.

“Ini merupakan satu langkah awal yang luar biasa, semoga ini terus berlanjut, ko­n­sisten dan upaya untuk terus berkoordinasi de­ngan SKPD semakin bagus,” tandasnya.

Kepala Diskominfo Balangan, Syarif Ubai­dillah yang diwakili Kabid Statistik Sek­toral, Tri Joko Mulyono mengatakan tujuan da­ri pelaksanaan kegiatan kompilasi statistik sek­toral yang  dilaksanakan hari ini adalah mer­upakan kelanjutan dari perencanaan yang su­dah ada sebagai pendukung perencanaan pem­bangunan.

Di samping itu juga kepada program sta­tistik sektoral ini, dapat berkonsistensi ter­hadap data tersebut serta adanya ke­man­tapan terkait dengan masalah sumber data yang sudah dihasilkan.

“Tentunya tantangan yang dihadapi cu­kup banyak terutama dalam sumber data atas ke­terpihakan serta kepemahaman data itu sen­diri, sehingga dapat menjadi pemicu yang aku­rat dan terukur,” katanya.

Tri Joko berharap dengan adanya ke­giatan ini bisa menjadi landasan untuk suatu ke­giatan, serta terciptanya satu data yang va­lid agar bisa menjadi acuan dalam per­en­ca­naan program dan kegiatan pem­ba­ng­un­an. sa/mb03