Ingin Tidur Nyenyak? Coba Lakukan Lima Langkah Ini

Terkadang kita mengalami sulit tidur karena berbagai alasan, namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa segera terlelap.

Berikut lima hal yang bisa dilakukan saat mengalami sulit tidur seperti dirangkum The Guardian, Minggu (6/10):

Tidur tepat waktu

Tidur dan bangun di waktu yang tepat dan teratur akan menguatkan jam biologis tubuh, kata Dr Lizzie Hill, seorang ahli fisiologi tidur dan perwakilan dari British Sleep Society.

Hindari berolahraga mendekati waktu tidur, karena dapat menyebabkan kegelisahan dan suhu tubuh yang tinggi, kata Samantha Briscoe, seorang ahli fisiologi senior di Sleep Center di rumah sakit London Bridge.

Lindungi kamar Anda

Suhu ruangan 16-18 derajat Celcius dianggap ideal untuk sebagian besar orang, menurut Sleep Council. Tirai hitam atau masker mata dapat membantu menghalangi cahaya, selain itu jauhkan diri dari perangkat elektronik sangat dianjurkan.

Jika Anda kesulitan tidur setelah lebih dari 25 menit, Matthew Walker, seorang ahli tidur dan profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California, Berkeley, menyarankan untuk bangun dan membaca di bawah cahaya redup di ruangan lain.

Siapkan untuk kegiatan esok hari

Ketika hendak mengenakan piyama, pilih juga pakaian Anda untuk esok hari atau mengepak tas saat menyikat gigi. Rutinitas malam hari tersebut akan membuat pagi hari berjalan lebih lancar.

Martin Hagger, seorang profesor psikologi kesehatan di University of California, Merced, menekankan bagaimana rutinitas itu terkait dengan pembentukan kebiasaan yang sehat.

Rileks

Membaca buku dapat membantu memperlambat pernapasan dan mengendurkan otot, selain itu yoga untuk peregangan atau berjalan pelan-pelan dapat mengurangi kecemasan, kata Briscoe, sehingga Anda bisa lekas tidur.

Berendam atau mandi air hangat juga dapat membantu Anda rileks. Para peneliti di University of Texas di Austin menemukan bahwa mandi di air 40-42.5 derajat Celcius satu hingga dua jam sebelum waktu tidur akan membuat tidur lebih baik.

Tuliskan kekhawatiran

Jika Anda banyak pikiran, Hill menyarankan untuk menuliskan hal-hal yang membuat Anda khawatir dalam jurnal atau buku. NHS juga merekomendasikan untuk menulis daftar tugas yang akan dilakukan esok hari, agar pikiran Anda lebih jernih.

“Jika Anda mengalami kesulitan tidur dalam jangka panjang, pertimbangkan apakah mungkin ada kondisi medis yang mendasarinya,” kata Hill.ant