100 Orang Balon Kades Di Tala Ikuti Test Komputer

Bakal calon kepala desa dienam Kecamatan saat mengikuti tes komputer

PELAIHARI – Bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) dari 13 Desa di Kabupaten Tanah Laut (Tala) hari ini mengikuti test computer assisted. Test atau cat di Aula Dinas Badan Kepegawaian Daerah Tala, Selasa (08/10).

Tes CAT tersebut diikuti oleh 100 orang dari 13 desa dienam kecamatan se-Kabupaten Tanah laut yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades), karena bakal calon kepala desa tersebut melebihi dari lima orang pendaftar.

Bakal calon kades terbanyak yakni di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong dan Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, masing-masing 11 pendaftar.

Pelaksanaan tes CAT bakal calon kades dilakukan tiga tahap dengan masing-masing tahap diberi waktu selama satu jam, hal itu lantaran terbatasnya jumlah perangkat komputer.

Para balon kades diwajibkan membawa identitas diri atau KTP serta harus menjawab sebanyak 50 soal, meliputi pengetahuan umum, wawasan kebangsaan dan pengetahuan mengenai pemerintahan desa dalam waktu 60 menit.

Rudiansyah, balon kepala Desa Galam, Kecamatan Bajuin mengaku cukup kesulitan dalam menjawab soal lantaran tidak mengetahui betul mengenai peraturan perundang-undangan. “Cukup kesulitan, terutama soal perundang-undangan,” katanya.

Sementara untuk jaringan internet cukup lancar dan tidak ada kendala. “Kita menjawab doal 50 dalam waktu 60 menit,” sebutnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tala, Gatot Subagyo mengatakan test dibuka tiga kelompok, pertama ada 27 calon, kedua 38 orang dan ketiga 35 calon.

Dibaginya tiga kelompok, lanjut Gatot, mengingat perangkat komputer terbatas. “Kriteria penilaian diantaranya pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, pemerintahan desa,” katanya.

Menarinya, usai mengikuti tes berbasis komputer itu, para bakal calon kepala desa langsung dapat melihat hasil penilaian tes CAT dan dari masing-masing desa diambil lima bakal calon kades untuk tahapan penetapan calon kades.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, ada 52 desa di Kabupaten Tanah Laut yang bakal dihelat pada 11 Desember 2019 dari 200 lebih bakal calon yang terdaftar. can/ani