Polisi Bantu Buat Akte Kelahiran Gratis

BATOLA – Polsek Mekarsari Polres Barito Kuala mengajak masyarakat di wilayah hukum setempat untuk bersama-sama dalam pembuatan akte kelahiran gratis, bagi para warga yang memiliki anak kecil yang belum memiliki akte kelahiran.

Bukan rahasia umum lagi warga yang berada di wilayah hukum setempat masih banyak anak-anaknya yang masih belum memiliki akte kelahiran, lewat program Polres Barito Kuala yang bekerja sama dengan Dinas Catatan Sipil (Capik) Kabupaten Barito Kuala.

Hal ini diungkapkan Kapolsek Mekarsari sewaktu membuka sunat masal gratis di Polsek setempat kepada sekitar 40 para orang tua yang me­ngan­tar anaknya untuk disunat masal oleh tim Dokkes Polda Kalsel dan tim Urkes Polres Barito Kuala.

Dikatakan Kapolsek Mekar sari Ipda Sutaryat SH, didepan tamu undangan yang hadir, saat ini kepolisian be­ri­ni­siatif untuk membantu para warga di wilayah hukum setempat, dalam pembuatan akte kelahiran bagi anak-anak mereka.

“Kita sampaikan ada sedikit mudol untuk pembuatan akte kelahiran gratis, dan ini akan di bikinkan akte kelahiran gratis, dan Polsek Mekarsari Polres Barito Kuala, saat ini sudah ber­ko­ordinasi dengan Dinas Dokcapil Kabupaten Barito Kuala,” Katanya.

Lanjut Sutaryat, pihaknya me­ngi­ngin­kan masyarakat di wilkumnya ini dalam bentuk bersama-sama untuk pembuatan akte kalahiran bagi anak mereka, yang mana orang tuanya belum mendaftarkan anaknya untuk pembuatan akte kelahiran.

“Kita lakukan serentak bila para warga yang mau membuatkan akte kelahiran gratis bagi anaknya, pen­daf­taran bisa dilakukan di kantor Polsek Mekarsari, dan bila yang mendaftar banyak kita buat komulatif dari Dokcapil yang datang ke Kantor Polsek,” imbuhnya Sutaryat.

Namun jelas Sutaryat, bila hanya sedikit atau hanya beberapa orang tua saja yang mendaftarkan anaknya untuk pembuatan akte kelahiran gratis, cukup pihak Polsek Mekarsari yang langsung mendatangi Kantor Dukcapil di Marabahan Kabupaten Barito Kuala.

“Yang jelas silakan warga di Kecamatan Mekarsari,dikumpulkan dulu data anak-anak mereka yang belum memiliki sertipikat akte kelahiran, dan untuk pembuatan akta kelahiran gratis,” demikian Ipda Sutaryat SH.

Terpisah Camat Mekarsari Moch Azis SSos, sangat menyambut baik program Polsek Mekarsari uantuk membantu warga membuatkan akte kelahiran gratis bagi anak di Kecamatan Tamban.

“Itu adalah kerja sama Polri (Polsek) dengan Dinas Dokcapil Kabupaten Barito Kuala, kita sebagai Camat Mekarsari sangat mendukung, rencana modusl pembuatan akte kelahiran gratis bagi anak di kecamatan mekarsari,” kata Moch Azis.

Terpisah warga yang mengetahui ajakan Kapolsek Mekarsari ini sangat berterima kasih, “Kita sangat berterima kasih ajakan pak Kapolsek Mekarsari utnuk membantu warga untuk membuat akte kelahiran gratis,” kata Budi (35) warga Mekarsari. sam/mb05