loader image

Debit Air Sungai Menurun PDAM Aman

PARINGIN – Musim kemarau ini kondisi debit air sungai Batang Balangan mengalami penurunan yang signifikan jika dibanding sebelum masuk mu­sim kemarau.

Meski mengalami penurunan debit air yang cukup signifikan, namun Perusahaan Air Minum Dae­rah (PDAM) Balangan mengakui hingga kini pa­sokan air baku dari Sungai Batang Balangan ma­sih mencukupi untuk operasional dan tidak me­ng­ganggu distribusi kemasyarakat.

“Meski sungai Batang Balangan mengalami pe­nu­runan debit, tetapi untuk pasokan air baku tidak mengalami gangguan, sehingga distribusi air lancar hingga ke pelanggan,’’ ujar direktur PDAM Balangan Suryadi.

Untuk mengantisipasi penurun debit sungai ya­ng terus terjadi, menurut Suryadi, pihaknya me­la­kukan menempatkan tungkang penyedot air (pun­tun) ketengah-tengah sungai yang debit airnya ma­sih dalam.

Dengan demikian, lanjut dia, suplay air baku da­ri Sungai Batang Balangan tetap bisa di­per­ta­han­kan sehingga pengelolaan PDAM tidak me­ng­alami penurunan debit sehingga distribusi air ke­pelangan juga tidak terganggu.

“Selain penempatan Puntut yang tetap kita juga men­yediakan satu buah Pompa baru yang me­mi­liki kapasitas 70 liter perdetik,” ungkapnya.

Pengunaan pompa baru ini, kata dia, akan d­ioperasikan jika kondisi pengambilan air baku me­ngalami gangguan karena debit air sungai terus me­ngalami penurun.

“Kita akan operasikan jika kondisi emergency. Ja­di warga tidak perlu kawatir terkait penurunan de­bit air sungai karena hingga kini produksi dan pen­distribusian air oleh PDAM Balangan hingga ki­ni masih normal,” pungkasnya. SA/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *