loader image

Disbudpar Tampilkan Berbagai Budaya Lokal

Musik Panting – Salah satu budaya lokal di Banjarmasin.
Ilustrasi ©google

BANJARMASIN – Peringatan hari jadi ke-493 kota Banjarmasin semakin dekat. Pemerintah Kota Banjarmaain kini sedang sibuk-sibuknya menyiapkan berbagi kegiatan untuk memeriahkan hari jadi kota ini.

Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bajarmasin telah menyiapkan banyak agenda yang akan ditampilkan dalam satu minggu ke depan. 

Dinas ini mengutamakan sajian budaya lokal untuk memeriahkan sekaligus melestarikan ciri khas kota sungai. Kabid Budaya Disbudpar Ko Banjarmasin, Hj.Fatimah Adam mengatakan, kegiatan dimulai sejak tanggal 20 september hingga tangga 25 september mendatang.

Dibuka dengan pagelaram budaya banjar pada expo pameran pada tanggal 20 setember. Dalam kegiatan ini,  dispar mendapatkan tugas untuk mengisi acara pada pamggung budya di kawasan pameran tersebut yakni di siring menara pandang. 

“Kegiatannya memeriahkan panggunpameran seperti madihin,  kompetisi laski, musim panting pandan harum, angklung, musikalisasi pantun sari dll yang disajikan bergantian tiap hari,  “ujar Fatimah Adam, di Banjarmasin,  Kamis (19/9)

Kemudian,  pada tanggal 21 september malam,  akan ada night karnaval di nol KM.  “ Event ini akan neriah karena diastikan ada ratusan warga yang terlibat untuk memeriahkan night karnival dan mereka masing – masing kelompok akanmenampilan tampilan atau pakaian yang unik – unik,  “jelasnya.

Esok malamnya tanggal 22 september,  aara dilanjutkan dengan manopeng di banyiur.  “Manopeng ini adalah tradisi bahari dan sudah sangat jarang rang melakukannya,  namun di banyiur ada satu keluarga yang masih melakukan manopeng tersebut dan itu menjad perhatian dinas pariwisata untuk dilestarikan,  “katanya.

Event yang selalu ditunggu-tunggu masyarkat Banjarmasin yakni festival tanglong di siring balaikota. Tahun ini tanglong lebih istimewa karena disaingkan dengan gala dinelner peserta AKKOPSI untuk City Sanitasion summit (CSS)  di siring mnara pandang.

Kemudian, siangnya tanggal 24 september itu kembali acara pegelaran budaya pada CSS srta panggung expo seperti madihin, basyair dan bakuntau.

Ada juga acara masakan serba ikan. Terakhir pada anggal 25 september kembali pegelaran budaya,  tarian bunga angrek dan musik pantingmuda bastari selanjutnyaclosing ceremoni. via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *