Danrem Terjun ke Lahan Terbakar

mb/ist
PEMADAMAN – Danrem 101/Antasari sekaligus Wakil Komadan Satgas Karhutla Kalsel Kolonel Inf M. Syech Ismed (kiri) saat memadamkan dan membasahi lahan yang terbakar di kawsan Guntung Damar, Banjarbaru.

BANJARBARU – Danrem 101/Antasari sekaligus Wakil Komadan Satgas Karhutla Kalsel Kolonel Inf M. Syech Ismed menegaskan bahwa pihaknya bersama Polri, instansi terkait, dan elemen masyarakat berkomitmen untuk terus melawan asap.

Komitmen itu dilakukan dengan upaya untuk menaklukan titik-titik api. “Mari kota kepung asap, jangan sampai asap mengepung kita,” ujar Ismed saat apel pasukan Satgas Karhutla.

Bersama dengan anggota Satgas dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, dan instansi terkait, Ismed didampingi Sekdaprov Kalsel H Abdul Haris Makie, Dansatbrimob Polda Kalsel Kombes Daulay, Kepala BPBD Kalsel, Kepala Dinas PUPR Kalsel membuktikan realisasi komitmen itu dengan turun langsung melakukan pemadaman di kawasan Guntung Damar, tak jauh dari Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Senn (16/9).

Diungkapkan Ismed, atas instruksi Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dan Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, hal itu dilakukan di lahan yang sudah terbakar dengan cara pembasahan agar tak lagi muncul titik api karena berada di lahan gambut.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan, tak hanya melakukan pembahasan di lahan gambut Guntung Damar yang terbakar, di kawasan ini juga segera dibuat parit.

Sehingga air dari bendungan Sungai Sipai dapat dialirkan ke lahan yang terbakar itu. Cara ini akan memudahkan dalam proses pembahasan dan pemadaman jika muncul lagi titik api.

Karena itu, masyarakat pengguna irigasi dimohon untuk maklum karena saluran irigasi akan ditutup untuk sementara. Hal ini dilakukan demi menangani persoalan kabut asap yang akhir-akhir ini semakin terasa dampaknya.ril/rdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *