loader image

SMPN 35 Percontohan Sekolah Siaga Kependudukan

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menandatangi prasasti pencanangan sekolah siaga kependudukan SMPN 35 Banjarmasin disaksikan Camat Banjarmasin Utara, Lurah Sungai Andai,Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Kalsel, Ir. Mila Rahmawati.(edoy)

BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin, Ibnu Sinas resmikan SMP Negeri 35 Banjarmasin sebagai  pencanangan percontohan Sekolah Siaga Kependudukan bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan.

SMP Negeri 35 Banjarmasin yang terletak di Jalan Bawang Merah Raya (Jeruk Purut Raya) Komplek Herlina Perkasa Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara ditunjuk sebagai sekolah siaga kependudukan ketiga sebelumnya SMAN 6 dan SMKN 4 di Banjarmasin.

Pada kesempatan itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menandatangi prasasti pencanangan sekolah siaga kependudukan SMPN 35 Banjarmasin disaksikan Camat Banjarmasin Utara, Lurah Sungai Andai,Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Kalsel, Ir. Mila Rahmawati danliannya.Sekaligus penyerahan tas untuk Genre Kit kepada salah satu perwakilan siswa SMP Negeri 35 Banjarmasin.

Ibnu Sina usai acara mengatakan, jadi ini semacam perwakilan sekolah-sekolah di Banjarmasin agar mereka sadar tentang berbagaimacam program kependudukan.Makanya bekerjasama dengan BKKBN dan DPPKBM Pemko Banjarmasin dalam rangka memberikan penyadaran kepada anak didik terutama generasi muda bahwa generasi berencana menjadi penting untuk diketahui.

“Kita harus tahu tentang perkembangan data demografi makanya ada pojok kependudukan sehingga informasi-informasi ini penting untuk mengambil sebuah kebijakan apakah piramida kependudukan kita sudah bagus atau belum,permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi, baik kenakalan narkoba, dan penyakit masyarakat lainnya kita harapkan bisa terbentengi dari generasi yang sadar akan kependudukan ini,”ujar Ibnu Sina usai acara di Banjarmasin, Senin (16/9).

Oleh sebab itu, tingkat pertumbuhan kependudukan Kota Banjarmasin yang tinggi, arus urbanisasi dari desa masuk Kota Banjarmasin perlu diantisifasi generasi muda bisa mewakili Kota Banjarmasin yang Baiman.

“Dipilih SMPN 35 Banjarmasin selain sekolah terakhir di Banjarmasin, cukup dinamis, guru-guru mendukung, anak didik juga bisa diarahkan sehingga bisa kita anggap sebagai sekolah percontohan sekolah siaga kependudukan,”tambahnya.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina secara simbolis serahkan tas untuk Genre Kit kepada salah satu perwakilan siswa SMP Negeri 35 Banjarmasin.(edoy)

Kabid Pengendalian Penduduk BKKBN Kalsel, Ir. Mila Rahmawati, mengatakan, BKKBN sudah lama mengsosialisasikan sekolah siaga kependudukan, tujuannya biara para remaja menghadapi era bonus demigrafi dimana pendudukan semakin banyak tidak berkualitas itu merugikan negara.

Dimana remaja merencanakan untuk sekolah,kuliah, begawi dan baru kawin. ” Sekolah SMPN 35 Banjarmasin yang ke 3, kita berharap semua sekolah menjadi sekolah siaga berkependudukan,”ujarnya.

Tentunya akan selalu di bina dan sosialisasikan bagaimana remaja berkualitas, apalagi Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mendukung kegiatan ini diharapkan kepala daerah lainnya seperti itu juga.

” Artinya mereka punya kemampuan apalagi disini bisa memfasilitasi guru dengan anak berkebutuhan khusus, sampai sekarang kita belum memberikan memfasilitasi anak berkebutuhan khusus mungkinan nanti ada juga,”jelasnya.

Kepala SMP Negeri 35 Banjarmasin, Syahidah.SP.d, mengatakan, sekolah ini merupakan sekolah yang diberikan kepercayaan pemerinta Kota Banjarmasin sebagai sekolah siaga kependudukan.

Baik nanti masalah adanya jumlah pendudukan produktif lebih banyak, sehingga kedepannya generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing.

“Siswa kami bisa memahami perwakinan dini, jumlah pendudukan harus sedikit dengan cara mengikuti program KB,”ujarnya.

Artinya nanti akan dimasukan kedalam materi pelajaran kurikulum isu-isu kependudukan. Mengenaik kenakalan remaja, penggunaan narkoba danlainnya.

Makanya tadi disiapkan ruangan pojok informasi terdapat buku-buku berupa pamplet,brosur mengenai kependudukan.rds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *