loader image

Pramuka Diharapkan Lahirkan Generasi Berkualitas

Sambutan – Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Hj Raudatul Jannah saat menyampaikan sambutan usai melantik, H Anang Syakhfiani sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Tabalong masa bakti 2019-2024 di Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

TANJUNG – Ketua Kwartir Dae­rah (Kwarda) Gerakan Pra­muka Provinsi Kalimantan Se­la­tan, Hj Raudatul Jannah melantik Ma­jelis Pembimbing Cabang (Ma­bi­cab) Gerakan Pramuka Ta­ba­long masa bakti 2019-2024 di Pen­dopo Bersinar Pembataan Tan­jung, Sabtu (14/9) pagi.

Upa­cara pelantikan ditandai de­ng­an pengambilan sumpah serta pen­yematan tanda jabatan secara sim­bolis dan penandatanganan be­rita acara serta ikrar Trisatya.

Ketua Kwarda Gerakan Pram­uka Kalimantan Selatan, Hj Rau­datul Jannah mengatakan, ge­rakan pramuka mempunyai tu­gas pokok menyelenggarakan kep­ramukaan bagi kaum muda.

Esensi tujuan guna men­u­m­buh­kan tunas bangsa agar me­n­ja­di generasi yang memiliki ber­ka­rakter dan berkualitas yang di­ha­rapkan  mampu mengisi ke­mer­dekaan dengan karya emas­nya untuk membangun bangsa.

Gerakan Pramuka selalu be­r­u­paya memberikan layanan pen­di­dikan bagi segenap anggotanya de­ngan mengedepankan ke­cer­das­an spiritual, intelektual, emo­si­onal, sosial dan wawasan kebangsaan.

“Seperti yang terdapat dalam Tri Satya dan Dasadarma Pra­mu­ka akan tercipta generasi mu­da yang berkepribadian, ber­wa­tak dan berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan ya­ng Maha Esa,” tuturnya.

Isteri Gubernur Kalsel, H Sah­birin Noor itu menjelaskan, ge­rakan pramuka saat ini me­mi­liki beberapa tantangan salah sa­tu­nya adalah era globaliasi yang ser­ba cepat.

Informasi dan per­kem­ba­ng­an teknologi pada saat ini harus di­barengi dengam kemampuan an­g­gota pramuka. Hal itu di­la­ku­kan agar pramuka tidak ter­ti­ng­gal dalam perkembangan za­man.

Dia berharap kepada Kwar­cab Tabalong agar lebih dinamis dan profesional dalam mem­be­ri­kan pendidikan kepramukaan. “Se­bagaimana harapan kita ber­sama pada tahun 2019 ini untuk ber­sama-sama melakukan re­vi­ta­li­sasi gerakan pramuka di ba­nua,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pem­bimbing Cabang Gerakan Pra­muka Tabalong, H Anang Syakh­fiani berharap, gerakan pra­muka Tabalong dapat lebih ber­kembang dan kedepanya ber­hasil melahirkan generasi yang ama­nah dan berakhlakul ka­ri­mah. Selain itu, memiliki jiwa ke­pe­mimpinan yang andal serta mam­pu menunjukan kinerja ya­ng lebih baik dari sebelumnya.

“Sikap dasar kepanduan ya­ng patriotik, ulet, rela berkorban dan pantang menyerah serta se­lalu siap siaga untuk kerja keras d­a­lam iklim kebersamaan, s­e­ba­gaimana tercermin dalam dasa dh­arma pramuka kira patut lebih di­ti­ngkatkan,” ucapnya. syh/ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *