Bupati dan Sekda HST bagi-bagi masker

mb/humas hst
BAGIKAN MASKER – Bupati HST saat membagikan masker kepala para PNS yang bertugas di lapangan.

BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Akhmad Chairansyah bersama-sama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) H Akhmad Tamzil membagikan masker kepada anak-anak sekolah, masyarakat dan jajaran ASN usai senam sehat di halaman kantor Bupati setempat.

Kepala dinas Kesehatan HST, drg Kusudiarto menerangkan, konsentrasi kabut asap di Ka­bupaten HST makin menebal dan jarak pandang hanya sekitar satu kilo meter. “Jadi, hari ini kami bersama-sama Bupati dan Sekda mem­ba­gikan masker kepada masyarakat,” katanya.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan kalau terpaksa keluar rumah maka dia menganjurkan untuk menggunakan penutup muka atau masker serta berhati-hati.  

“Tahun ini kabut asap lebih tebal dibanding tahun-tahun sebelummya, selain antisipasi penyakit ispa, kami juga me­was­padai penyakit diare di musim kemarau ini, karena sejak dua bulan terakhir anak peningkatan yang terjadi pada anak-anak,” katanya.

Menurutnya, untuk me­ng­hi­n­dari diare ada beberapa hal bisa dilakukan, seperti rajin mencuci tangan, terutama sebelum dan setelah makan, mengonsumsi makanan yang sudah dimasak dan minum air yang sudah direbus.

Bupati HST, H A Chairansyah juga menghimbau kepada ma­sya­rakat yang mempunyai lahan, agar tidak mengolahnya atau mem­ber­sihkannya untuk pertanian dengan cara dibakar.

Selain bertentangam dengan hukum, dampak dari kebakaran hutan dan lahan itu juga bisa mengakibatkan kabut asap yang justru merugikan kesehatan masyarakat.

“Karena ini musim kemarau dan panas, maka kami harap kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati terhadap api, jaga rumah kita agar tidak terjadi kebakaran,” katanya.humas/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *