Program UHC BPJS Semakin Dirasakan Oleh Masyarakat

ist
KESEHATAN – Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Balangan.

PARINGIN – Lebih dari satu se­te­ngah tahun, Pemkab Ba­la­ng­an bekerja sama dengan BPJS Ke­sehatan melalui program Uni­ver­sal Health Coverage (UHC).

Seb­anyak 78.207 lebih warga Ba­langan terdaftar pada Jaminan Ke­sehatan Nasional (JKN-KIS) se­jak program itu diteken. Me­reka segmen Penerima Bantuan Iu­ran (PBI) APBD.

Banyak manfaat yang di­ra­sa­kan masyarakat untuk men­da­pat­kan kemudahan dalam akses fa­silitas kesehatan itu. Misalnya, Nai­la Munirah, aparat Desa Ba­ruh Bahinu Luar Kecamatan Pa­ri­ngin Selatan. Naila merasa ter­ban­tu dengan adanya program itu. UHC, kata dia, disambut baik oleh warga Baruh Bahinu.

“Warga khususnya saya men­yambut baik program ini se­mo­ga program ini tetap terus ber­lanjut dan semakin memudahkan mas­ya­rakat,” tutur Naila, ke­marin.

Fenomena JKN-KIS saat ini, ka­ta Naila, membuat masyarakat di desanya merasa aman dan tak kha­watir. Terlebih jika salah satu ang­gota keluarga mereka sakit.

“Mereka tidak lagi segan un­tuk berobat memeriksakan ke­se­hatan ke puskesmas terdekat tan­pa dibayang-bayangi biaya yang ti­nggi,” kata Naila.

Selama menjadi aparat desa, Naila sering mendengar animo po­stif warga. Tentunya hal itu mem­buat Naila semakin ber­se­ma­ngat dalam memberikan pe­la­yanan jaminan kesehatan di Desa Ba­ruh Bahinu. Naila berharap, Prog­ram JKN-KIS selalu ada. Dan Pemkab Balangan terus meng­integrasikan program UHC de­ngan BPJS Kesehatan terlebih pada segmen PBI APBD.

“Semoga upaya yang di­la­kukan BPJS Kesehatan dan Pem­kab Balangan akan terus terjalin selamanya dan dapat memberikan dam­pak positif kepada kabupaten lain,” harap Naila. sa/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *