loader image

Dinkes Lakukan Penguatan Suplementasi Gizi Bumil dan Balita

BATULICIN – Dalam rangka pengawalan suplementasi gizi yang baik, pemberian makanan tambahan, maupun pemberian obat dan gizi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pertemuan penguatan intervensi suplementasi gizi ibu hamil dan balita bertempat di Hotel Ebony Batulicin, belum lama tadi.

Dalam paparannya Nutrisionis dari Dinkes Provinsi Kalsel, Ardiansyah mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam pencegahan dan penurunan stunting melalui penguatan suplementasi gizi ibu hamil dan balita.

Ardiansyah menambahkan selain penambahan suplamen gizi ibu hamil dan balita, juga harus diberikan suplemen tambah darah kepada anak remaja selama lima tahun sehingga siap menjadi calon ibu yang sehat dan terhindar dari stunting.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kabupaten Tanah Bumbu, Kartini mengatakan kegiatan pertemuan tersebut sangat penting untuk memahami peran penguatan sumplentasi gizi ibu hamil dan balita dalam menekan angka stunting yang ada di daerah.

Kartini mengajak seluruh lintas sektoral untuk bekerjasama, mulai dari Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan hingga PKK, melalui program program pendukung tentang penguatan gizi balita maupun ibu hamil, salah satunya seperti pemanfaatan lahan pekarangan dan pemberian makanan tambahan kepada balita.

Selain itu gerakan lainnya seperti pemberian suplemen tablet tambah darah bagi ibu hamil untuk mengurangi anemia, pemberian vitamin A kepada anak balita untuk melindungi mereka dari infeksi oportunistik dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh serta pemberian Zinc dan oralit untuk mengobati diare pada anak balita.

Adapun pertemuan tersebut dihadiri sebanyak 28 peserta dari Dinkes Tanbu, Puskesmas dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait lainnya. rel/mz/ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *