loader image

SMADA Rayakan HUT ke 54 Tanpa Plastik

BANJARMASIN – Halaman belakang SMA Negeri 2 Banjarmasin, hari Selasa (03/09), terlihat hiruk pikuk dengan berkumpulnya para siswa.

Keberadaan para pelajar yang berjumlah ribuan orang dan saat itu terlihat mengenakan berbagai macam corak pakaian layaknya pemeran film animasi itu, bukan untuk melakukan aksi mogok belajar, melainkan untuk melaksanakan karnaval dalam rangka Harijadi sekolah mereka ke 54 tahun.

Menariknya, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, pihak sekolah tidak mengizinkan para siswanya membawa air minum kemasan. Mereka hanya memperbolehkan para siswanya membawa air minum dalam tumbler. Kegembiraan itu semakin bertambah saat Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina hadir di tengah-tengah mereka.

Orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai yang juga alumni SMA Negeri 2 Banjarmasin angkatan tahun 1993 ini, hadir untuk melepas keberangkatan pawai karnaval para siswa tersebut.

“Inilah event yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak kita setiap tahunnya. Jadi mereka berlomba-lomba untuk menghadirkan tema-tema yang unik, seperti tadi tokoh-tokoh kartun, tokoh-tokoh pahlawan, termasuk kearifan lokal sasirangan. Artinya mereka ini memang generasi milenial, tapi tahu tentang kearifan lokal,” ujar H Ibnu Sina.

Sebelum melepas keberangkatan peserta pawai tersebut, terlebih dahulu ia bersama para dewan guru dan Kabid Disdik Provinsi Kalsel, Madun, berdoa bersama kemudian dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan pelepasan balon udara.

Diusianya yang telah menyentuh angka setengah abad ini, lanjut H Ibnu Sina, tentu telah banyak lulus dari sekolah yang terletak di Jalan Mulawarman, Banjarmasin Tengah ini telah bekerja diberbagai bidang.

Dan lebih membanggakan lagi, ucapnya, saat ini sekolah tersebut memiliki kelas khusus olahraga. Dengan begitu, selain dapat membantu proses belajar para atlet berprestasi, dengan adanya kelas tersebut Kota Banjarmasin juga diuntungkan, karena bisa menjadi lumbung para atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga.

“Banjarmasin itu bisa mempertahankan juara umum dalam POPDA dan sebagainya. Salah satunya karena supply atlet-atlet dari SMAN 2 yang berprestasi. Mudah-mudahan kelas ini bisa diminati, karena dari sinilah akan lahir atlet-atlet yang berprestasi, tidak hanya di tingkat nasional, tapi mungkin sampai tingkat internasional,” katanya

Ia berharap, keberadaan kelas tersebut dapat terus dipertahankan, sehingga bisa terus mencetak para atlet berprestasi yang bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 2 Banjarmasin, H Bakhtiar mengatakan, peringatan HUT SMA Negeri 2 tahun 2019 ini diisi dengan 3 rangkaian kegiatan yakni funwalk, pentas seni dan bazar.

Kegiatan tersebut, jelasnya, dilaksanakan dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Ia berharap, sekolah yang dipimpinnya terus menjadi yang terbaik, sebagaimana para alumni sekolah tersebut yang kini banyak menjadi orang-orang hebat yang berkiprah diberbagai bidang.

“Jadi harapan kita tentunya anak-anak kami yang jumlahnya 1270 sekarang ini, nantinya bisa mengikuti jejak para alumni yang telah menjadi orang-orang hebat,” harapnya.

Terkait penerapan sekolah tanpa kantong plastik, Bakhtiar kembali menjelaskan, gerakan tersebut merupakan bentuk dukungan dari SMA Negeri 2 Banjarmasin kepada Pemko Banjarmasin yang ingin mengurangi sampah plastik.

“Jadi gerakan ini luar biasa kami rasakan. Di SMAN 2 Banjarmasin kini tidak ada lagi sampah plastik, jadi anak-anak bila makan minum membawa wadah sendiri seperti tumbler,” pungkasnya.humpro-bjm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *