loader image

Rumah Warga Mulai Direhab

ist
DIREHAB – Bupati Balangan H Ansharuddin secara langsung saat ikut melihat kegiataan  bedah atau direhab,  di Desa Batumandi, Kecamatan Batumandi.

PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin secara langsung melihat salah satu rumah warganya yang akan dibedah atau direhab, di Desa Batumandi, Kecamatan Batumandi.

Rumah milik ibu Rukayah ini diperbaiki atau direkap oleh pemerintah setempat melalui program Bantuan Bedah Rumah /Rehab Rumah Tidak Layak Huni 2019.

Menurut Bupati Balangan H Ansharuddin, untuk tahun 2019 ini pihaknya akan memberi bantuan perbaikan rumah tidak layak huni atau bedah rumah sebanyak 31 unit rumah. Kegiatan ini, kata Anshar, merupakan program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH).

“Untuk biaya sendiri melalui APBD Kabupaten Balangan, APBD Provinsi Kalimantan Selatan, serta anggaran APBN Pusat. Dari 31 unit rumah tersebut, terdiri dari 2 unit dari dana APBD Kabupaten Balangan, enam unit dari APBD Provinsi Kaliman­tan Selatan, dan enam unit dari APBN Pusat,” paparnya.

Dirinya menjelaskan, total yang akan diterima oleh Keluarga Penerima anfaat (KPM) berbeda-beda. Untuk penerima manfaat yang berasal dari dana APBD Kabupaten Balangan, masing-masing sebesar Rp21 juta, kemudian penerima manfaat yang berasal dari dana APBD Provinsi Kalsel serta APBN Pusat masing-masing Rp15 juta.

“Demi untuk memastikan ketepatan sasaran tersebut maka semua usulan proposal pengajuan RSTL oleh Desa melalui kecamatan setempat, terus kami ferivikasi dengan cara melakukan kunjungan ke daerah-daerah seperti sekarang ini,” terangnya.

Danramil 1001-04/Batumandi Kapten Inf Rukijan yanu turut serta dalam acara tersebut menyampaikan, pihaknya turut serta dalam kegiatan ini dengan meng­e­rah­kan personil Koramil dalam melaksanakan gotong royong dalam prosesi Rehabilitasi atau Bedah Rumah ini. “Kita bersama masyarakat akan turun membantu dalam proses rehab rumah ini,” bebernya.

Pihaknya menurut Rukijan, sangat mendukung kegiatan bedah rumah ini, sebab manfaatnya bisa dilangsung dirasakan masyarakat. “Kita akan terus dukung program pemerintah khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” pung­kasnya. ril/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *