loader image

PBJ Kembali Lakukan Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

mb/sugiannor
PENGADAAN BARANG – Sosialisasi pengadaan barang dan jasa oleh BPJ Kabupaten Balangan.

PARINGIN – Pengadaan Ba­ra­ng dan Jasa pondasinya adalah pe­rencanaan. Oleh karena itu Ba­gian Pengadaan Barang dan Jasa Set­da Kabupaten Balangan me­ng­adakan sosialisasi Pengadaan Ba­rang dan Jasa dengan tema Pe­rencanaan di Aula Benteng Tun­dakan, Kantor Bupati Ba­la­ng­an, beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian (Kabag) PBJ Set­dakab Balangan, Tau­fi­qur­rah­man me­ng­ungkapkan, pelak­sa­na­an sosialisasi ini agar pelaksanaan pe­ngadaan barang dan jasa di­ti­ng­kat desa dan kelurahan sesuai de­ngan tata kelola yang baik dan se­suai dengan prinsip-prinsip pe­ngadaan barang dan jasa.

Selain itu, lewat sosialisasi ini, menurut Taufiq, para peserta bi­sa memahami tentang proses pe­­ngadaan barang atau jasa yang be­­nar sesuai peraturan pe­run­da­ng­an yang berlaku.

Apalagi sesuai aturan baru, ka­ta mantan Kabag Humas dan Pro­tokol ini, bimbingan teknik, pen­dampingan dan konsultasi pro­ses pengadaan barang jasa pe­me­rintahan desa termasuk bagian tu­poksi pihaknya.

Untuk itulah, lanjut dia, so­sialisasi yang digelar dalam ke­masan diskusi sehingga per­so­a­l­an yang sedang dan akan ditemui bi­sa menjadi topik bahasan dalam so­sialisasi ini sendiri.

“Kita juga mendatangkan na­ra­sumber kompeten, sehingga per­masalahan atau hal-hal yang ha­rus ditindaklanjuti  dan perlu di­ca­rikan solusi dalam pengadaan ba­rang dan jasa di desa atau ke­lurahan bisa mengemuka atau di­ba­has,” bebernya.

Terakhir, dirinya men­yam­paikan, sosialisasi ini juga se­ba­gai upaya pihaknya untuk me­m­fa­si­litasi aparat desa atau ke­lu­rah­an yang ingin bertanya atau­pun konsultasi kepada na­ra­sum­ber yang tentang pengadaan ba­rang atau jasa, terkait hal-hal yang me­ragukan dan belum dipahami.

“Kita ingin, jangan sampai aki­bat dari ketidaktahuan ataupun ke­tidaksengajaan aparat pe­me­rin­tah­ desa atau kelurahan dalam pro­ses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan menjadi masalah hu­kum,” pungkasnya.

Kegiatan ini sendiri diikuti KPA, PPK dan PPTK masing-ma­sing unit kerja se-Kabupaten Ba­langan ini menghadirkan na­ra­sumber kompeten yakni trainer pe­ng­adaan barang dan jasa LKPP ya­ng juga Kepala Bagian Pe­ng­a­da­an Barang dan Jasa Kabupaten Ta­nah Laut, Mina Ayu Ros­wy­da. SA/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *