loader image

Penyadang Disabilitas Terget Perlindungan dan Pelayanan Sosial

mb/yusuf
KARNAVAL – Asisten I Ir H Supomo, Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid, Ketua DPRD HSU Sementara Almien Ashar Safari menyaksikan karnaval dalam rangka hari anak nasional 2019.

AMUNTAI – Ratusan penyandang disabilitas di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjadi target kegiatan perlindungan dan pe­layanan sosial bagi penyandang disabilitas melalui Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten HSU yang digelar selama empat hari (20-23 Agustus 2019) di Dinas Sosial Kabupaten HSU.

Melalui UPSK para Pe­nyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya ini, diharapkan dapat memperoleh pelayanan dan rehabilitasi sosial sesuai dengan permasalahan yang dihadapinya, serta mencarikan solusi terbaik melalui layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang disabilitas atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSU H Rizali Eswansyah saat memuka kegitan mengakui bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi warga masyarakat yang menyandang status PMKS.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan dan memperluas jangkuan pemberian pelayanan sosial secara lebih merata serta adil kepada para Penyandang Disabilitas.

“Juga bertujuan untuk mend­etek­si dini, konsultasi dan re­ko­mend­asi penangan permasalahan serta penyebaran informasi tentang sistem sumber pelayanan sosial yang dapat diakses Penyandang Disabilitas, Mendorong dan merangsang partisipasimasyarakat agar bersedia berperan aktif dalam penyelenggaraan upaya penanganan Penyandang Disabilitas,” ujarnya.

Ia berpesan, kepada para pendamping, dokter dan psikolog agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam kegiatan ini.

Yudhiana Khusnan dari Dinsos Prov Kalsel menyebut bahwa melalui kegiatan ini diharapkan para penyandang disabilitas mampu menunjukkan kelebihannya melalui potensi-potensi yang ada pada diri mereka, meski dibawah ke­terbatasan secara fisik.suf/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *