Menpar Nilai Harjad Kalsel

Layak Masuk Kalender Event Nasional

Menyaksikan – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Wamenlu, AM Fachir menyaksikan kemeriahan sinoman hadrah kolosal di atas tongkang di Sungai Martapura.

BANJARMASIN – Semarak pun­cak peringatan Hari Jadi ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan, mu­lai dari penampilan tarian hi­ng­ga pertunjukan khas di atas su­ng­ai menuai pujian dari Menteri Pa­riwisata Republik Indonesia, Arief Yahya.

Hal tersebut disampaikanya sa­at menghadiri puncak pe­ri­ng­at­an Hari jadi ke-69 Provinsi Ka­li­man­tan Selatan di halaman Kantor Gu­bernur Kalsel, di Banjarmasin, Ra­bu (14/8).

Menpar mengatakan, dirinya men­yambut baik semangat Kalsel un­tuk mengembangkan pa­ri­wi­sa­ta. Menpar menambahkan, ke­se­ri­usan Kalsel membangun pa­ri­wi­sa­tanya sesuai dengan tema hari ja­di Kalsel tahun ini.

Tema Barakat Tugul, Banua Ung­gul mengacu pada semangat ke­bersamaan masyarakat Kalsel un­tuk mencapat tujuan bersama. Men­jadi momentum masyarakat, in­dustri dan pemerintah Kalsel akan pentingnya pembangunan ke­pa­riwisataan.

Menteri Pariwisata, Arief Yah­ya mengatakan, dengan ber­ba­gai persembahan yang di­tam­pil­kan dalam puncak peringatan Har­jad ini, sehingga agenda har­jad ini layak masuk ke dalam ka­len­der of event nasional.

Ia menuturkan akan turut mem­bantu dan mendukung Kalsel agar Geopark yang ada di Pe­gu­nu­ngan Meratus mendapat per­ha­ti­an dunia. “Kami dari Kemenpar RI akan membantu agar Geopark Me­ra­tus menjadi UNESCO Global Geo­park (UGG),” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kal­sel, H Sahbirin Noor menilai mo­men ini dapat mempererat keb­er­sa­maan, meningkatkan rasa per­sau­daraan, sekaligus me­man­tap­kan tekad untuk menjadi Banua le­­bih mandiri dan terdepan (Ma­pan) di masa yang akan datang.

Hari Jadi sendiri dimaknai de­ng­an tema Barakat Tugul, Banua Ung­gul. Tak cuma masyarakat, ja­jaran pemerintahan juga mesti ber­gerak rajin, giat dan fokus.

“Sinergi yang kuat antara pe­me­rintah provinsi dan kabupaten/kota, TNI dan Polri serta seluruh la­pisan masyarakat untuk pem­ba­ngunan Kalsel yang mapan dan mem­banggakan bagi semua,” tuturnya.

Paman Birin mengajak agar se­lalu optimis untuk menatap ke ma­sa depan dan yakin dalam me­wu­judkan Kalsel yang mandiri dan terdepan. syh/ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *