loader image

Hesly Pertimbangkan Maju Pemilihan Walikota

H. Hesly Junianto

BANJARMASIN – Nama H. Hesly Junianto, mantan birokrat Pemkot Banjarmasin, disebut-sebut juga bakal ikut ambil bagian sebagai kontestan pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020.

Nama Hesly mencuat lantaran dinilai sebagian warga Kota Banjarmasin karena memiliki pengalaman yang panjang sebagai ASN Pemkot Banjarmasin sehingga seluk-beluk dan permasalahan Kota Banjarmasin banyak diketahuinya.

Menanggapi hal tersebut, Hesly tak menampik. Menurutnya, ada suara-suara masyarakat yang disampaikan kepadanya meminta maju sebagai calon Walikota maupun Wakil Walikota Banjarmasin pada Pilkada 2010 nanti. Permintaan itu akan menjadi pertimbangan untuk memutuskannya.

“Ada sejumlah masyarakat yang menyampaikan kepada saya yang mendorong ikut pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin pada pemilu nanti. Ini akan saya pertimbangkan,” kata Hesly di sela acara peringatan Hari Jadi ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan di Tugu Nol Kilometer, Banjarmasin, Rabu (14/8).

Dari catatan perjalanan karier Hesly, ia mengabdi sebagai ASN Pemko Banjarmasin sejak tahun 1999 hingga 2012. Hesly pernah menjabat Badan Lingkungan Hidup, BKKBN, hingga Kepala Dinas Pendidikan. Di luar pemerintahan, ia memimpin organisasi Balakar 654, pengurus Pramuka, KONI, dan lain-lain.

Modal lainnya adalah Hesly baru saja menjadi kontestan pada pemilu 2019 lalu sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Dari 14 orang yang bersaing untuk daerah pemilihan Kalsel, Hesly berada di urutan kedelapan.

“Ya, bisa saja hasil suara yang saya peroleh pada pemilihan DPD RI itu menjadi pertimbangan saya untuk maju sebagai calon walikota atau wakil walikota. Namun sekali lagi, untuk keikutsertaan saya sebagai kontestan pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin tahun 2020 nanti akan saya pertimbangkan dengan matang dulu,” pungkasnya.

Sementara itu, H. Hermansyah, petahana Wakil Wakilota Banjarmasin yang memastikan akan maju sebagai calon walikota (cawali) menyatakan belum ada penetapan siapa yang diusung partainya, yakni Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Pilkada 2020 Kota Banjartmasin.

Usai menghadiri rapat pleno terbuka KPU Banjarmasin dalam penetapan perolehan kursi dan anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2019 di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (14/8), ia menjelaskan, semua kader partainya memiliki hak berkeinginan maju pada Pilkada 2020 ini, termasuk di Banjarmasin. “Siapapun yang mau maju kader-kader PDIP kita sangat merespon dan mengapresiasi, berarti kader partai kita banyak yang berpotensi,” ujarnya.

Tetapi, kata Hermansyah partainya punya mekanisme dalam menjaring para calon tersebut. “Jadi kita tetap kembalikan ke mekanisme partai, sampai saat ini belum ada mekanisme partai itu, baik penyaringan maupun penjaringan segala macam, jadi belum ada yang diterapkan,” ujar Hermansyah.rdi/ant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *