Kapolda Padamkan Kebakaran Lahan

mb/risma
PADAMKAN – Kapolda Kalsel Irjend Pol Drs menyemprotkan air untuk memadamkan api.

BANJARMASIN – Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si turun langsung melakukan pe­ma­daman kebakaran lahan di Provinsi Ka­limantan Selatan, Minggu (11/8).

Kapolda yang melakukan pengecekan titik api dan penanggulangan pemadaman Karhutla pada pukul 01.00 wita melihat terjadinya kebakaran lahan gambut rawa di Jalan Kurnia Ujung Km.23, Landasan Ulin, Kota Ban­jarbaru.

Seketika saja jenderal bintang dua tersebut langsung memimpin pemadaman agar kebakaran tidak meluas dan mengakibatkan bencana kabut asap yang bisa mengganggu kesehatan serta aktivitas masyarakat.

Kapolda yang pada kesempatan ini didampingi Karo Ops, Dansat Brimob Polda Kalsel, Kapolres Banjarbaru beserta personil Polda Kalsel yang terlibat Ops Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019 menjelaskan pihaknya bersama instansi terkait lainnya berupaya secara maksimal mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di provinsi yang memiliki 13 Kabupaten dan Kota itu.

“Untuk mencegah ter­jadinya bencana kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan, kegiatan operasi darat dan udara akan terus dilakukan hingga kondisinya dinilai benar-benar aman karena bisa saja terjadi kebakaran lahan seperti di Kota Banjarbaru tersebut,” katanya.

Selain melakukan pen­gawasan secara ketat, pihaknya juga berupaya menindak tegas perusahaan dan masyarakat yang terbukti melakukan pembakaran lahan dan menyebabkan kabut asap.

“Siapapun yang terbukti membakar untuk membuka lahan pertanian dan per­kebunan akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum karena tindakan tersebut dapat menimbulkan kabut asap yang mengakibatkan gangguan kesehatan dan aktivitas masyarakat,” ujarnya.ris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *