loader image

Dinas Perdagangan Gelar Pelatihan Sasirangan

mb/ist
PELATIHAN – Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Drs Abdul Basid MM menyerahkan ATK pelatihan pembuatan sasirangan bordir kepada perwakilan peserta pelatihan.
mb/ist
PERAJIN – Para peserta pelatihan pembuatan sasirangan bordir foto bersama  Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Drs Abdul Basid MM.

BANJARBARU – Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru menggelar pelatihan pembuatan sasirangan bordir bagi perajin sasirangan se-Kota Banjarbaru.

Pelatihan yang dilak­sanakan Dinas Perdagangan bekerjasama Dekranasda dan PKK Kota Banjarbaru di Sekretariat TP PKK Kota Banjarbaru dari tanggal 30 Juli 2019 hingga 3 Agustus 2019, dibuka Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani.

Acara dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Drs Abdul Basid MM, Kepala Bidang Perin­dustrian Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Drs Gusti Ardiansyah, serta narasumber Amalia Yasmin.

Panitia Pelaksana Drs Gusti Ardiansyah menyam­paikan bahwa maksud diada­kannya Pelatihan Pembuatan Sasirangan Bordir adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat pelatihan sasirangan bordir, serta keterampilan teknis dan design sasirangan bordir.

Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan kreativitas, serta daya saing mutu dan jual produk sasirangan, yang mana sasi­rangan bordir merupakan salah satu produk unggulan Kota Banjarbaru.

Untuk memfasilitasi IKM sasirangan dalam penge­m­bangan pro­duk sasirangan, serta mem­be­rikan motivasi para pengusaha dalam teknis dan desain sasi­rangan bordir yang baik untuk pro­duk unggulan Kota Banjarbaru.

Dimana sasirangan bordir adalah ciri dari produk sasirangan Kota Banjarbaru yang berbeda dari sasirangan kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, sehingga mempunyai peranan penting dalam bidang promosi dalam hal ini fashion untuk menarik perhatian para konsumen. Ada­pun jumlah peserta sebanyak 30 orang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Drs Abdul Basid MM mengatakan bahwa pelatihan ini sangat berguna bagi para peserta dan juga Pemerintah Kota Banjarbaru, karena diha­rapkan akan tumbuh berkembang para perajin sasirangan bordir.

Para peserta pelatihan diharapkan tidak selama pelatihan saja belajar, melainkan diteruskan sampai bisa, dan mampu mem­buat motif-motif ataupun desain baru dan teknik pewarnaan yang kekinian.

Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan bahwa kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki UMKM Kota Banjarbaru serta untuk perkembangan produk unggulan Banjarbaru ke depan.

“Karena kain sasirangan adalah kain khas daerah kita, yang harus kita lestarikan dan kita budayakan di tengah masyarakat kita sebagai identitas budaya daerah dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi,” ujarnya.

Seiring dengan perkem­bangan tren fashion, sah-sah saja mengkreasikan kain sasirangan dalam berbagai model disain, sehingga tampil moderen namun tetap bercita rasa lokal.

Pada kesempatan itu, Hj Ririen Nadjmi Adhani menye­rahkan ATK pelatihan pem­buatan sasirangan bordir kepada perwakilan peserta pelatihan. Dan, Hj Ririen Nadjmi Adhani juga mengisi materi tentang pewarnaan sasirangan dan motif-motif bordir. dio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *