loader image

Dinkes Gelar Lomba Balita

mb/sugiannor
BALITA SEHAT – Kegiataan lomba balita sehat tingkat kabupaten Balangan.

PARINGIN, MB – Dinas Ke­se­hatan (Dinkes) Kabupaten Ba­la­ngan menggelar Lomba Balita In­donesia (LBI) tahun 2019, lom­ba yang berlangsung di aula kan­tor Dinkes ini mengangkat te­ma Gizi Seimbang, Prestasi Ge­mi­lang, kemarin. Lomba yang diperuntukan ba­gi balita kategori umur 6 sam­pai dengan 24 bulan dan balita umur 2 sampai dengan 5 tahun ini dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ba­langan Hj Nursidah An­sha­rud­din.

“Prevelensi angka stunting Ba­la­ngan berdasarkan data Ris­ke­s­das 2018 adalah 36%, untuk me­­ne­kan angka peningkatan stun­­ting tersebut, masyarakat per­lu memahami faktor apa saja ya­ng menyebabkan stunting. Stun­ting merupakan kondisi gagal per­tumbuhan pada anak yakni per­tumbuhan tubuh dan otak  aki­bat dari kekurangan  asupan gizi  dalam waktu yang lama, se­hi­ngga anak lebih pendek dari anak normal se­u­sianya dan me­mi­liki ke­ter­lam­bat­an dalam ber­pikir,” terang Dr Heny Aprina se­laku Na­ra­sum­ber dalam LBI Kab.Balangan 2019.

Beberapa faktor yang men­jadi penyebab stunting adalah an­tara lain faktor ibu dan pola asuh ya­ng kurang baik terutama pada pe­rilaku dan praktik pemberian ma­kan kepada anak, ibu yang ti­dak memberikan asupan  gizi ya­ng cukup dan baik, ibu yang m­a­sa remajanya kurang nutrisi bah­kan dimasa kehamilan dan lak­tasi akan sangat berpengaruh pa­da pertumbuhan dan otak anak dis­amping terjadinya infeksi pada ibu, kehamilan remaja, gangguan men­tal pada ibu, jarak kelahiran ya­ng terlalu  dekat serta rendahnya ak­s­es terhadap pelayanan ke­se­hatan.

Kegiatan lomba balita ini be­gi­tu antusias diikuti oleh para pe­serta lomba. Hadiah berupa pia­la, ma­inan dan hadiah menarik la­­in­nya menambah semangat para pe­serta lomba yang di­dam­pingi oleh or­a­ng tuanya masing. Penilaian lom­ba meliputi pe­ni­lai­an status gizi, imunisasi, ke­ber­sihan gigi, dan penilaian umum la­innya.

Tu­juan utama kegiatan ini adalah me­wujudkan balita In­donesia yang sehat dan sebagai sa­rana pe­ningkatan pengetahuan, si­kap ser­ta perilaku ibu balita da­lam me­laksanakan asuhan ter­ha­dap ba­lita pada masa yang akan da­tang sehingga dapat menjadi con­­toh bagi ibu balita yang la­in­nya. SA/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *