Bupati Hadiri Pesta Laut Pulau Sebuku

Bupati Kotabaru, H Sayed jafar saat menyampaikan sambuta pada acara pesta laut di Pulau Sebuku Kotabaru.

KOTABARU – Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar Alaydrus menghadiri pesta laut Pulau Sebuku ke-37 tahun 2019 yang diselenggarakan oleh warga nelayan Desa Rampa Kamatan Pulau Sebuku, Minggu (14/07).

Tradisi yang setiap tahun dilaksa­­nakan itu berlangsung di Pulau Manti. Selain Bupati Kotabaru tampak hadir dalam acara itu Sekretaris Daerah, H Said Akhmad, Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Plt Camat Pulau Sebuku beserta Kades se-Kecamatan Pulau Sebuku.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar menyampaikan bahwa pesta laut yang diartikan syukuran atas hasil laut yang didapat oleh para nelayan ini harus dilestarikan dan berpesan untuk menjaga ekosistem terumbu karang.

“Saya berharap agar para nelayan menjaga terumbu karang, jangan sampai menggunakan pera­latan tangkap seperti bom ikan dan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, panitia pesta laut menjelaskan perayaan pesta laut ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur para nelayan yang telah diberikan hasil laut yang melimpah oleh Yang Maha Kuasa.

“Saya kira ini merupakan acara tradisi tahunan warga Rampa, yang juga dirangkai dengan lomba perahu hias dan lomba balap kelotok,” ungkapnya.

Acara pesta laut tersebut juga dimeriahkan pertunjukan tarian japin mutiara legendaris oleh Karang taruna cahaya persada serta teater drama yang berjudul lahirnya sinar ekonomi Desa Rampa melalui pendidikan madrasah.

Dalam kesempatan ini, Bupati bersama rombongan juga menye­m­patkan diri untuk mengunjungi stand kuliner khas dari delapan desa yang ada di Kecamatan Pulau Sebuku. bet/ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *