Kloter Tiga Berangkat Dini Hari

H Noor Fahmi

BANJARMASIN – Kloter ketiga embarkasi haji Banjar­masin, Kalimantan Selatan dari Kabupaten Banja akan di­berang­katkan Sabtu dinihari atau sekitar pukul 03.30 WITA dari Bandara Syam­sddin Noor ke Madinah, Arab Saudi.

Kepala Kanwil Kemen­terian Agama Provinsi Kali­mantan Selatan H Noor Fahmi melalui Kasi Pembina Haji Hidayaturrahman di Banjar­masin, Jumat, mengungkapka, kloter ketiga akan penuh atau sesuai kuota sebanyak 325 orang bersama petugas haji.

“Dengan terbangnya klo­ter ketiga ini, artinya hampir seribu Calhaj daerah kita sudah diberangkatkan di Madinah,” tuturnya.

Menurut dia, ada tujuh kloter dari 13 kloter dengan jumlah Calhaj 4.136 orang di Embarkasi haji Banjarasin yang masuk keberangkatan gelombang pertama haji untuk langsung ke Madinah, Arab Saudi.

“Para calhaj akan tinggal dan menunaikan ibadah haji di Kota Madinah Al Munawwarah itu selama delapan hari,” paparnya.

Setelah itu, para Calhaj akan bergerak ke Kota Suci Makkah untuk menunaikan Fardu Haji, baik tawaf dan wukup nantinya.

Menurut Dayat, sebelum berangkat para Calhaj sudah dibekali manasik haji, termasuk juga peraturan dankeselamatan haji saat di tanah suci.

Sebagaimana yang diamanatkan Kepala Kanwil Kemeag Kalsel H Noor Fahmi, ungkap Dayat untuk para Calhaj sebelum diberangkatkan, yakni, para gar menjaga kesehatan selama di Tanah Suci terutama menjelang puncak haji wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Apalagi lagi cuaca di Tanah Suci cukup panas mencapai 48 derajat celsius yang isa menyebabkan dehidrasi dan cepat lelah.

Karenanya Calhaj diimbau banyak minum air putih dan menguragi aktivitas di luar ibadah. “Utamakan ibadah wajib dari pada ibadah sunnah dan utamakan syahnya ibadh dari pada hal-hal yang bersifat afdlaliyyah,” katanya.ant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *