Kelurahan Dilatih Kelola Dana

BANJARMASIN – Begitu khawatirnya hingga pemko kembali menghimbau kelurahan untuk emaksimalkan penggunaan dana kelurahan. Sampai – sampai agar penggunaan tak salah kaprah, pemko melalui Badan Keuangan akan melakukan pelatihan teknis pencairan dana kelurahan.

Edy Wibowo, Kabid Anggaran Badan Keuangan Daera Kota Banjarmasin mengatakan, pekan ini kembali mengumpulkan lurah untuk mendapatkan teknis pencairan dan kelurahan. “Agar kelurahan bisa segera mengelola dana kelurahan,” ujar Edy Wibowo, Jumat (12/7).

Edy mengatakan, tak satupun kelurahan yang sudah mengelola dana tersebut. Padahal ana sebesar Rp370 juta sudah masuk dalam anggaran daerah sejak mei 2019 tadi. “Tak satupun kelurahan yang menggunakan, takutnya jika lambat kita kena finalty,”ujarnya.

Karena itu jua, pada Rabu depan akan mengumpulkan lagi para lurah, camat serta bendahara kelurahan untuk mendapatkan pelatihan pengelolaan dana kelurahan tersebut.

Sebelumnya, 52 kelurahan di kota Banjarmasin. Dana kelurahan masing-masing mendapatkan sebsar Rp 370 jutaan dengan tujuan diperuntukan membantu mempercepat pembangunan fisik dan DM masyarakat yang sifatnya skala kelurahan.

“Dananya sebesar Rp370.180.000 jutaan dan pencairan ana bertahap yakni bulan mei dan selanjutnya bulan Agustus,”ungkap Edy, Jumat (25/1).

Dana kelurahan bru bisa dicairkan jika daerah atau kelurahan bersangkutan sudah menyerahkan surat pernyataan terkait pengguaan dana tersebut. “Jadi apa saja yang diperlukan oleh kelurahan harus dilaporkan, kemudian pemko akan engirimkan ke Kementrian Keuangan melalui Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah,”jelasnya.

Dalam penyusunan program harus sesuai dengan rencana jangka panjang (renja) kecamatan yang disusun dalam musrenbang agr tidak salah sasaran.

“Jangan berasumsi kalau dana kelurahan tersebut sudah ada karena dalam pencairan melalui proses, paling tidak sebelum Mei laporan kelurahan harus dikirim,”katanya. via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *