Tidak Ada Regulasi Penurunan Tiket

Ilustrasi.

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian me­nu­tur­kan, tidak akan ada regulasi khusus yang me­ngatur penurunan harga tiket angkutan udara.

Sebab, kebijakan ini merupakan ke­se­pa­ha­man seluruh pihak terkait dalam rangka me­nyediakan penerbangan murah untuk masyarakat dan menjaga keberlangsungan industri penerbangan.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menjelaskan, penerapan kebijakan penurunan harga tiket angkutan udara merupakan konsekuensi yang harus dijalani.

Tindak lanjutnya adalah berupa sharing potensi kehilangan pendapatan yang masih dalam otoritas dan memang menjadi aturan proses bisnis di masing-masing pihak. “Pemerintah tidak akan intervensi sampai ke perusahaan,” tuturnya di kantornya, Jakarta.

Susiwijono  menuturkan, pemerintah tidak akan memberlakukan sanksi apabila ada pihak yang melanggar kesepakatan. Sebab, keputusan penurunan harga tiket bersifat sharing loss atau berbagi beban.

Tapi, ia memastikan, pemerintah akan tetap bertindak sebagai regulator. Dalam hal ini adalah Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan yang melakukan pengawasan agar industri comply dengan komitmen awal.

Susiwijono memastikan, kebijakan tersebut membutuhkan proses panjang yang melibatkan berbagai pihak. Oleh karena itu, masalah sanksi akan dikembalikan ke itikad baik.rep/mb06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *