Buser Ciduk Pencuri Uang di Kios

mb/ist
AMUN MASSA – Petugas Buser Polsek Banjarmasin Selatan, bersama Linmas Kota Banjarmasin, saat menyelamatkan pencuri uang di kios toko dari amuk massa, Kamis siang (11/7).

BANJARMASIN – Petugas Aparatur Sipil Negara (ASN) Linmas Pemerintah Kota Banjarmasin menciduk seorang pria terduga pencuri di salah satu kios (toko) pancarekenan.

Pelaku pencuri ini, Hel alias Imi (54), warga Jalan Banyiur Dalam, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, terpaksa men­de­kam di sel tahanan Polsek terdekat.

Pencurian ini kepergok ASN Linmas, sewaktu pria ini kabur membawa uang jutaan rupiah dari kios milik, Noor Hasanah (33), warga Jalan Tembus Mantuil, Ke­ca­ma­tanBanjarmasin Selatan,Kota Banjarmasin (TKP) pencurian, Kamis (11/7), sekitar pukul 12.15 Wita.

Pria ini sudah diamankan di Polsekta Banjarmasin Selatan, “Kita giring pria ini ke Polsek Banjarmasin Selatan, dia saat kabur dikejar dan motornya terjatuh,” kata personel Linmas Kota Banjarmasin, di Polsek Selatan.

Korban Noorhasanah (33), sewaktu berada di Mako Polsek Banjarmasin Selatan, melaporkan peristiwa dialami­nya, dan memberikan ke­te­rangan ke polisi dari aksi pencurian oleh Imi ini.

“Pria ini pertama datang ke kios mencurigakan, pertama bilang mau  mbeli obat sakit kepala paramek, kemudian bilang lagi mau beli bubuk  agar-agar, kemudian bilang beli indomie, dan mau beli obat Ampicilin,” kata Noor Hasanah.

Begitu wanita pedagang ini mau mengasihkan apa yang mau dibeli oleh pelaku ini, sudah tidak terlihat, malah naik sepeda motor tancap gas, “Iya dia berpura-pura belanja,” ucapnya sedih.

Kaget saja saat tahu dompet yang ada di dalam kios raib, uang sebanyak Rp2 jutaan, “Yaqin dia pencurinya, saya teriak sejadinya minta tolong ke warga, bertepatan melintas rombongan Linmas Kota Banjarmasin, dan polisi,” kata Noor Hasanah.

Syukurnya teriakan korban ini, didengar rom­bo­nga­nanggota Linmas, petugas Reskrim Polsek Banjarmasin Selatan yang tengah patroli rutin siang hari di kawasan rawan kejahatan, “Pria ini diamankan, pas motornya oleng dan pemotor ini jatuh,” jelas Noor.

Petugas Linmas Kota Banjarmasin, Khairul dan Salan, dan polisi Buser di TKP, mendengar teriakan minta tolong bereaksi mengejar, sempat terjadi kejar-kejaran sejauh dua kilo meter.

“Kita amankan pria ini, sejauh dua kilo kita kejar dari TKP dia kabur, didepan Pabrik Karet Balimas, pelak masuk jalan buntu, motor oleng dan terjatuh, ya kita amankan,” kata Khairul, diamini petugas Buser Selatan.

Oleh polisi dan petugas Linmas ini, pelaku Helmi kemudian digiring ke TKP, di TKP banyak warga dan berusaha menghakimi, “Untuknya saat itu ada polisi (Buser) yang menjauhkan pelaku dari warga yang marah,” ucap Salan.

Kapolsek Banjarmasin Selatan, AKP Idit Aditya ditemani Kanit Reskrim Iptu Ganef Brigandono mem­benarkan, “Benar pencuri uang di kios milik pedagang diamankan.

“Kita amankan pelaku ini, bersama petugas Linmas Kota Banjarmasin, nyaris pelaku jadi bulan – bulan warga yang marah, sedikit saja polisi terlambat menjauhkan dari massa,” singkatnya. sam/mb05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *