loader image

Wakil Bupati Tapin Serahkan Kunci Bedah Rumah

mb/herman
SILATURAHMI – Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor saat menerima kunjungan silaturahmi pengurus FKUB Provinsi Kalsel.

RANTAU,– Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor secara simbolis menyerahkan kunci bedah rumah kepada warga yang rumahnya selesai dibedah, Selasa (25/06/2019).

Selain menyerahkan kunci rumah, Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor juga me­nyem­patkan berkeliling meninjau lokasi rumah-rumah yang sudah selesai di bedah.

Dari data Dinas Sosial Kab.Tapin, sampai saat ini sudah ada sekitar 145 buah rumah dari total 300 rumah yang sudah dibedah. Dan yang belum tinggal 155 buah rumah yang akan diselesaikan hingga akhir tahun 2019.

Untuk Kecamatan Tapin Utara dari bulan Februari, Maret, April dan Mei ada sebanyak 23 rumah, Tapin Tengah 19, Tapin Selatan 9, Binuang 13, Bakarangan 17, CLS 11, CLU 10, Salam Babaris 7, Lokpaikat 8, Piani 8, Bungur 10 dan Hatungun 10 yang telah selesai dibangun.

Semoga rumah yang pembangunannya dianggarkan dari APBD Kab.Tapin ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan tarap hidup dan kesejahteraan warga, kata Wabup H Syafrudin Noor kepada awak media.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kab.­Tapin, dari data yang ada, masih terdapat sekitar 1.150 buah rumah  tidak layak huni yang ada di Kab.Tapin.

Program bedah rumah yang bersumber dari APBD Kab.Tapin sendiri sudah digalakkan sejak tahun 2014? namun bedah rumah terbanyak ditahun ada di 2019 yakni sebanyak 300 buah rumah yang kita bedah, kata Syamsuni.

Dana yang diberikan untuk satu buah rumah disediakan biaya Rp. 12.5 kuta untuk material dan Rp.2,5 untuk upah tukang. Dan rata-rata rumah yang dibedah adalah rumah yang sudah hampir roboh, tidak berdinding dan beratap rumbia. Dimana kegiatan ini sangat diharapkan oleh masyarakatn, tandas H Syamsuni.

Untuk 155 buah rumah yang masih dalam proses pembangunan tersebar di 12 Kecamatan dan akan dikerjakan sampai bulan September dengan rincian  Tapin Utara 39 rumah, Tapin Tengah 39 rumah, Tapin Selatan 30 buah, Binuang 30 buah.

Kecamatan Bakarangan 26 buah, CLS 26, CLU 24, Salam Babaris 12 buah, Lokpaikat 18 buah rumah dan Piani, Bungur, Hatungun masing-masing 16, 24 dan 16 buah rumah yang sudah mulai dikerjakan pem­ba­ngu­nan­nya.her/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *