SMP 1 dan SMP 7 Tetap Jadi Pilihan

Sah Nan

BANJARMASIN – Dua sekolah menengah yakni SMPN 1 dan SMPN 7 menjadi sekolah pilihan terbanyak bagi peserta didik baru di kota Banjarmasin.

“Seperti SMPN 1 dan 7, ini sekolah paling banyak pendaftarnya. Jumlahnya mencapai 23 orang,” ungkap Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Banjarmasin, Sah Nan, Selasa (18/6).

Sah Nan mengatakan, da hasil yang diterima Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online jalur prestasi untuk SMPN dengan kuota 5 persen terpenuhi.  Bahkan dari 100 kursi, 93 peserta didik baru yang sudah terdaftar menyebar di beberapa sekolah pilihannya.

“Mereka mengisi beberapa sekolah. Seperti SMPN 1, 2, 3, 7, 9, 11, 23, 24, dan 26. “Jadi sekolah inilah yang banyak dipilih pendaftar,” ucapnya

Ia mengatakan, sebaran pendaftar memang tak merata. Dari 9 sekolah tersebut, ada beberapa sekolah yang digandrungi peserta didik baru karena dianggap baik.

Bahkan dari sekitar 93 pendaftar diketahui ada 23 peserta yang memilih SMPN 1 dan SMPN 7, disamping 2 peserta dinyatakan gugur oleh panitia seleksi karena ada kekurangan di bagian administrasi. “Jadi penyebabnya peringkat prestasinya 2 siswa ini ternyata tidak cukup, sehingga mereka gugur,” imbuhnya.

Sebenarnya lanjut Sah Nan, berdasarkan data ada 100 peserta didik baru yang berprestasi tinggi. Akan tetapi tak semuanya mendaftarkan diri di jalur prestasi.

Menurutnya, kemungkinan peserta didik itu pindah ke luar daerah. Atau bisa juga mendaftar ke sekolah swasta yang dinilai lebih baik.

“Artinya kalau memang siswa ini nantinya mendaftar juga harus melalui jalur reguler. Karena prestasi sudah ditutup,” jelasnya.

Selain itu, Sah Nan berharap, sekolah yang dituju peserta didik terus bisa memberikan pembinaan terhadap pendaftar berprestasi ini. Sehingga apa prestasi yang dimiliki siswa tak terputus ketika sudah di SMP. “Diharapkan sekolah yang dimasuki bisa melakukan pengawasan agar prestasi bisa terus dilanjutkan,” demikiannya. via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *