Pasokan Ikan Laut Normal

mb/edoy
SANDAR – Tiga kapal nelayan ikan laut saat sandar di pelabuhan pelambuan milik UPT Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel.
Rusdi Hartono

BANJARMASIN – Pasca­lebaran hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, pasokan ikan laut kembali normal seperti semula, karena UPT Pelabuhan Peri­kanan Banjarmasin Dinas Ke­lautan dan Perikanan Provinsi Kalsel menyiapkan pasokan ikan laut segar langsung dari tang­kapan para nelayan di banua sendiri.

Sebelumnya, permintaan atau pembelian ikan laut pada bulan puasa atau menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah tadi agak menurun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dika­renakan konsumsi masyarakat beralih ke ayam dan lainnya.

Kepala UPT Pelabuhan Pe­rikanan Banjarmasin Dinas Kelautan dan Perikanan Pro­vinsi Kal­sel, Rusdi Hartono, menga­takan, panca lebaran produksi ikan laut lumayan normal kembali.

Hari ini ada 2 buah kapal berkapasitas masing-masing 10 ton, yang paling banyak komu­ditas ikan lajang. Sedangkan ikan laut lainnya seperti tongkol masih kosong karena musiman.

“Malam tadi harga ikan lajang mencapai Rp 16.500 per kilogram, tongkol kosong. Hingga pascalebaran persediaan ikan laut aman saja karena ada 20 ton persediaan, ini sudah kembali normal, maka dari itu masyarakat silahkan beli ikan laut untuk dikonsumsi,” ujar Rusdi di Banjarmasin, Selasa (11/6).

Namun jelas Rusdi, kalau normalnya memang bisa ada 5 sampai 10 kapal ada di pela­buhan, harga memang masih tinggi seperti peda biasanya harga Rp 25 ribu perkilogram, tapi tongkol masih kosong memang musiman.

“Pembagian ikan laut di pelabuhan kita mencapai Kalsel, Kalteng dan bahkan Kaltim,” jelasnya. Untuk bulan puasa tadi pembelian masyarakat terhadap ikan laut agak kurang. Baru tahun ini saja yang terjadi penurunan permintaan ikan laut, sampai malam minggu tadi ikan tongkol masih kosong.

Sementara itu, untuk harga ikan laut juga sudah normal kembali saampai saat ini, sehingga masyarakat tidak perlu takut membeli ikaln laut yang sehat untuk di konsumsi bersama keluarga di rumah.

Rusdi berharap agar masya­rakat Kota Banjarmasin dan sekitarnya agar kembali bisa membeli dan mengonsumsi ikan laut dari hasil tangkapan nelayan di daerah, agar bisa me­ning­katkan penjualan ikan laut sendiri.

Pembelian bisa dilakukan di pasar ikan di Pelabuhan Pelam­buan Banjarmasin, namun juga sudah bisa ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Kota Banjarmasin dan sekitar­nya.­”Konsumsi ikan laut sehat dan aman,” tegasnya.rds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *