Gelar Halal Bihalal, Pemprov Kalsel Hadirkan Kesenian Mamanda

mb/sugiannor
HALAL BIHALAL – Bupati Balangan Drs H Ansharuddin berfoto bersama usai kegiataan Halal Bi Halal
.

PARINGIN – Halal Bihalal me­ma­ng sudah jadi tradisi yang se­a­kan wajib dilaksanakan ketika usai hari lebaran. Ini terbukti de­ng­an dilaksanakannya Halal Bi­h­a­lal dimana mana,  mulai dari in­stansi swasta,  hingga pem­e­rin­tahan.

Seperti halnya dengan Pe­me­rin­tah Kabupaten Balangan,  Pe­me­rintah Provinsi Kalimantan Se­latan juga melakukan hal yang sa­ma. Bertempat di Halaman Kan­tor Gubernuran Banjarbaru,  Se­n­in (10/6) juga digelar Halal Bi­ha­lal yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Se­l­a­tan H Sahbirin Noor,  beserta ja­jaran Pemerintahan Provinsi Kalsel.

Dalam acara ini,  Gubernur yan­g akrab di sapa Paman Birin ini mengundang ustatz kondang Fiq­ri Haikal MZ yang me­ru­pa­kan anak dari Almarhum KH Zai­nud­din MZ untuk memberikan ta­usyiah.

Tak hanya itu, Pemprov Kal­sel juga menghadirkan hiburan ke­senian tradisi Ma­nan­da, khu­sus untuk memanda Pemprov Bu­mi Antasari ini memboyong Sa­ng­gar Kariwaya Balangan un­tuk mentas Ma­man­da guna me­ng­hibur para ASN yang berhadir da­lam ajang si­la­tu­rahmi tersebut.

Sekdaprov Kalsel H A Haris Mak­kie mengatakan,  pihaknya se­ngaja menghadirkan Sanggar Ka­riwaya Balangan ini untuk me­nghibur seluruh tamu un­da­ng­an ser­ta para peserta halal bi­ha­lal yan­g hadir.

“Ini juga merupakan per­min­taan Paman Birin sendiri, yang in­g­in menampilkan Mamanda dari Balangan pada acara ini, “ ujarnya.

Sementara itu,  Gubernur Ka­limantan Selatan H Sahbirin Noor me­ngucapkan Selamat hari Raya Idul Fitri 1440 H mohon maaf ma­af lahir dan batin.

“Saya atas nama pribadi dan ke­luarga besar,  serta segenap ja­jaran Pemprov Kalsel me­mo­hon am­pun dan maaf apabila se­lama me­mimpin Kalsel terdapat ke­­sa­lah­an dalam bertingkah dan mem­­berikan pelayanan terbaik ke­­pa­da seluruh Masyarakat Ka­li­mantan Selatan,” ucapnya.

Selain pihak,  Kepal Dinas Pa­riwisata Kabupaten Balangan Rody Rahmadinor yang hadir Pa­da kesempatan tersebut men­dam­pingi Sanggar Kariwaya me­ng­ucapkan rasa terimakasihnya ka­rena salah satu sanggar ke­se­nian di Bumi Sanggam didaulat un­tuk mengisi acara ini.

“Kami juga sangat men­g­ap­resiasi sanggar Kariwatya Ba­la­ng­an ini,  karena direquest khu­sus dari Paman Birin untuk ma­ng­gung disini.  Ini sebagai tanda Sa­ng­gar -sanggar  di Balangan su­­dah sangat berkembang dan di­ke­tahui khalayak luas akan ek­sis­tensinya,” pungkasnya. rilis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *