Bupati Tinjau Lokasi Banjir

mb/ant
BANJIR – Sejumlah pengendara melintasi Jalan Poros Pulau Laut yang terendam banjir di Desa Sungup Kanan, Kabupaten Kotabaru.

KOTABARU – Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, melakukan peninjauan sejumlah lokasi banjir dan tanah longsor di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pulau laut Utara untuk segera dilakukan rehabilitasi.

“Usai melakukan coffee morning, bupati bersama pejabat yang lainnya langsung menuju daerah Gunung Sari, salah satu lokasi banjir dan tanah longsor,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kotabaru Basuki, di Kotabaru, Selasa (11/6).

Dikatakannya, ada sekitar 30 meter ruas jalan di Desa Gunung Sari tertimbun material tanah longsor, dan satu jembatan tergerus arus banjir yang cukup deras. Usai terjadi longsor, bupati meminta pejabat terkait untuk langsung melakukan pengerukan material longsor agar tidak menutup jalan.

“Dan kunjungan bupati itu, untuk melihat apakan pekerjaan tersebut sudah tuntas apa belum,” terang Basuki.  Bupati juga menyempatkan diri untuk mengunjungi korban dan sejumlah titik banjir akibat curah hujan deras di Kotabaru.

Akibat curah hujan cukup tinggi beberapa hari lalu itu, telah mengakibatkan sejumlah titik terendam banjir, dan menyebabkan badan sungai tergerus arus.

Bahkan akibat hujan yang terjadi sejak malam Sabtu (8/6) mengakibatkan sekitar 15 meter tanggul Embung Tirawan, di Desa Tirawan, Kecamatan Pulau Laut Utara jebol.

Embung Tirawan merupakan salah satu andalan sumber air baku Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru, sehingga dengan jebolnya tanggul tersebut akan mengganggu distribusi air bersih kepada pelanggannya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru turut meringankan beban para korban banjir yang terjadi di sejumlah tempat di daerah itu dengan memberikan paket bantuan.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Akhmad Rivai, Selasa (11/6), mengatakan pemberian bantuan itu untuk meringankan beban sebagian korban banjir di wilayah Pulau Laut Utara dan sekitarnya.

Dia mengatakan banjir di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pulau Laut Utara dan Desa Sejakah, Kecamatan Pulau Laut Timur mengakibatkan kesedihan para korban.

Untuk meringankan beban, sekaligus sebagai bentuk kepedulian aparatur sipil negara (ASN) kepada para korban, pihak Dinas Kesehatan Kotabaru bersama Puskesmas Dirgahayu dan Puskesmas Berangas meninjau ke lokasi sekaligus memberikan bantuan berupa makanan untuk ibu hamil dan anak balita, serta penderita stroke.

Rivai menjelaskan peninjauan lokasi bencana itu untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan korban banjir, baik secara fisik maupun psikis, agar segera dilakukan pertolongan atau pemulihan jika terdapat warga yang sakit.

“Terutama bagi warga yang menderita stroke akibat hipertensi dan ibu hamil,” kata Rivai dalam siaran pers. Kunjungan tersebut langsung dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Akhmad Rivai didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Kepala Puskesmas Dirgahayu, dan Kepala Puskesmas Berangas beserta jajarannya.

Dia mengharapkan penyaluran bantuan itu untuk meringankan penderitaan korban banjir dan sekaligus menjaga kesehatan fisik dan psikis (mental) warga setempat.ant/rdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *