Bangunan Sarang Walet Terbakar

mb/ist
PEMBASAHAN – Barisan pemadam kebakaran BPK/PMK Banjarmasin saat melakukan pembasahan, satu jam api padam, Selasa (11/6).

BANJARMASIN – Kebakaran kembali terjadi di kota seribu sungai Banjarmasin, kali ini satu bangunan sarang burung walet yang terbakar, Selasa (11/6), sekitar pukul 02.30 Wita.

Selama satu jam api baru bisa dikuasai oleh bantuan pemadam ke­bakaran barisan pemadam ke­bakaran BPK/PMK Banjarmasin, tak ada korban jiwa dalam musiah ini.

Dari informasi diterima dari, petugas BPBD Kota Ba­n­jar­ma­sin, dan barisan pemadam ke­ba­karan dan warga, ada satu ba­ngunan sarang walet yang terbakar sekitar 20 persen.

Bangunan sarang ini, TKP kebakaran berada di Jalan Sungai Baru atau Jalan Pekapuran RT07, samping Gang Kelinci, Ke­lu­ra­han Sungai Baru, Kecamatan Ban­jarmasin Tengah, Kota Ban­jarmasin.

Akibat yang ditimbulkan dalam musibah ini, meng­ha­ngus­kan bagian plapon pada lantai dua, bangunan permanen tiga lantai, dan sarang walet pada bagian atas, kata petugas BPBD Ko­ta Ban­jarmasin, ke wartawan ha­rian pagi dan online Ma­ta­ba­nua.

Lanjutnya, saat kebakaran tidak ada korban jiwa, atau pun korban terluka bakar, mengingat ba­ngunan memang kosong penghuni, ucap petugas ini di pagi buta tadi.

Dia melanjutkan, bangunan sarang walet ini milik H Ruby (alm), bangunan rusak ringan sekitar 20 persen, sebelumnya ba­ngunan memang pernah di hu­ni, dan saat kebakaran, bangunan ini­ memang kosong penghuni.

“Bangunan ini memang hanya digunakan untuk sarang wa­let, tidak ada penghuni ma­nu­sia,” ucap warga di sekitar TKP kepada pihak berwajib dan petugas BPBD Kota Ban­jar­ma­sin.

Kerugian dari kebakaran ini, di taksir sekitar Rp144 juta, syu­kur­nya untuk jalan akses ke TKP mudah dijangkau, jalan selebar lima meter mempermudah barisan pemadam kebakaran berukuran besar dan kecil masuk dan untuk air baku mudah didapat di TKP pembasahan, tambah petugas Pemadakam Kebakaran.

“Satu jam api baru bisa di pa­damkan sepenuhnya,” ucap pe­ma­dam lainnya, yang ikut ber­ji­baku dalam pembasahan di ba­ngunan sarang walet yang ter­bakar.

Saat ini musibah kebakaran ini sudah ditangani pihak berwajib dari Polsek Banjarmasin Tengah, Pol­resta Banjarmasin. Diduga ke­bakaran ini, di akaibatkan, arus pen­dek listrik, dan pihak ke­po­li­sian lidik penyebab kebakaran.

Kalakar BPBD Kota Ban­jar­masin, Drs HM Hilmi MM, ke­pada matabanua, dari laporan yang siteeimanya dari laporan Tim Reaksi Cepat (TRC), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kota Banjarmasin.

Selama pembasahan di TKP, Tim di lapangan, BPBD Kota Ban­jarmasin, Damkar Pemko Ban­jarmasin, PMI Kota Ban­jar­masin, BPK/PMK gabungan, Emer­gency dan Rescue gabungan dibantu warga sekitar lokasi kebakaran.

Langkah yang diambil oleh BPBD Kota Banjarmasin, me­la­ku­kan pemadaman dan me­la­kukan pendataan musibah keb­a­ka­ran, serta berkoordinasi dengan Ins­tansi terkait u tuk langkah selanjutnya.

Kapolsek Banjarmasin Te­ngah AKP Sigit Prihanto SIK, di­konfirmasi membenarkan, terjadi mu­sibah kebakaran satu ba­ngu­nan sarang walet di wilayah hukum setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, api sempat me­ng­jabguskan sekitar 20 peraen ba­ngunan permanen, yang saat ini tanpa penghuni dan dijadikan tempat sarang walet oleh pe­mi­lik­nya.

“Untuk penyebab kebakaran di bangunan sarang walet ini, ma­aih lidik kepolisian, untuk lokasi su­dah kita pasang garia polisi,” sing­kat perwira dengan tiga ba­lok di pundak ini. sam/mb05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *