Arus Balik di Syamsudin Noor Masih Ramai

Ilustrasi. ©google

BANJARBARU – Arus balik di Bandara Syamsudin Noor pada H+4 Lebaran masih cukup ramai. Terbukti dari jumlah kedatangan yang lebih tinggi daripada keberangkatan.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran mencatat, 11.015 penumpang melintas dengan pergerakan pesawat 82 kali pada Senin (10/6). Dimana penumpang yang datang 5.991 orang dan berangkat 5.024 orang.

Extra flight atau penerbangan tambahan juga dilakukan maskapai sebanyak dua kali, masing-masing untuk satu kedatangan rute Yogyakarta ke Banjarmasin dan satu kali keberangkatan rute Banjarmasin tujuan Yogyakarta.

“Jumlahnya memang sudah mengalami penurunan dari hari Minggu yang jadi puncak arus balik 12.431 penumpang. Namun jika dibanding hari Sabtu 10.288 penumpang, masih lebih banyak di H+4,” terang Manager Operasi Bandara Syamsudin Noor Rully Artha di Banjarbaru, Selasa (11/6).

Sedangkan pada Selasa siang berdasarkan pantauan Antara, jamaah ibadah umrah lebih nampak mendominasi terminal keberangkatan di Bandara Syamsudin Noor.

Sementara calon penumpang yang mengakhiri masa liburnya di Banjarmasin dan akan kembali ke berbagai kota di Indonesia untuk bekerja nampak mulai berkurang.

“Hari ini memang sudah mulai agak sedikit penumpang, untuk data pastinya nanti sampai penerbangan terakhir pada Selasa malam baru ketahuan,” jelas Rully mewakili General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty.

Terkait jamaah ibadah umrah ke tanah suci Makkah yang berangkat melalui Syamsudin Noor, diakui Rully memang tinggi dan terbesar nomor dua di Indonesia.

 “Kalau dalam kondisi normal di luar momen mudik Lebaran, jamaah umrah setiap hari ada berangkat di sini,” ungkapnya.

Untuk Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang dibuka sejak H-7, akan beroperasi sampai Kamis (13/6) atau H+7 Lebaran mendatang, dimana hari berikutnya diprediksi jumlah penumpang sudah kembali normal seperti sebelum arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah.ant/rdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *