UGD Ulin Siapkan Tiga Dokter

BANJARMASIN – RSUD Ulin Banjarmasin sebagai rumah sakit rujukan tipe A di Kali­mantan, menyiapkan obat, tenaga dan ruangan untuk meng­antisi­pasi pasien pada libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 hijriyah.

“Kami telah menyiapkan obat-obatan, medis dan para medis serta ruangan untuk menampung pasien yang berobat atau rujukan dari daerah ke RSUD Ulin,” kata Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Hj Suciati, MKes, di Banjarmasin, Rabu (29/5).

Pada jumpa pers terkait menghadapi libur panjang Idul Fitri itu, Hj Suciati antara lain didampingi Wakil Direktur Bidang Medik, dr HM Isa, Sp P dan Wakil Direktur Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Thaufik Hidayat.

Menurut Suciati, untuk unit gawat darurat (UGD) pihaknya menyiapkan tiga dokter yang akan melayani pasien yang masuk, termasuk akibat kece­lakan lalulintas selama masa libur panjang tahun ini.

Selain itu, kata Suciati, setiap ruangan juga disiapkan tenaga dokter dan para medis dan sewaktu-waktu diperlukan mereka siap melayani pasien.

Dia mengakui, biasanya pasien dari daerah akan dirujuk ke RSUD Ulin saat libur pan­jang, mengingat di daerah tidak tersedia tenaga dokter yang menangani sehingga akan terjadi lonjakan pasien di RSUD Ulin ini.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, katanya, banyak pasien dari luar daerah yang dirujuk ke RSUD Ulin, terutama pada saat libur panjang seperti lebaran Idul Fitri.

Selain itu, lanjutnya, banyak kasus-kasus kecelakaan yang ditangani selama mudik dan balik lebaran. “Prinsipnya RSUD Ulin siap melayani pasien baik pemenang kartu BPJS kesehatan maupun pasien umum dan pasien kurang mampu,” katanya.

Dia menjelaskan, apabila pegawai negeri masuk kerja kembali, Senin (10/6), maka karyawan RSUD Ulin Banjar­masin sudah masuk kerja, Sabtu (8/6).

“Kami juga siap melayani masyarakat, apabila terjadi kejadian luar biasa (KLB) akibat keracunan atau kejadian lainnya yang membutuhkan penanganan khusus tenaga medis dan para medis,” katanya. ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *