Kalsel Miliki Perda Pembangunan Industri

Ilustrasi. ┬ęgoogle

PELAIHARI – Provinsi Kalimantan Selatan terus memacu pertumbuhan ekonomi daerah melalui kegiatan pembangunan di sektor industri.

Salah satu piranti penting untuk mewujudkan hal itu adalah dengan telah ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalsel Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2038.

Pemprov Kalsel juga telah melakukan sosialisasi. Seperti pada Kamis (25/5) di Ruang Rapat Kantor Setda Kabupaten Tanah Laut.

Plt Kepala Bagian Evaluasi dan Dokumentasi Hukum Setdaprov Kalsel, Muhammad Ikhsan Fadhil, SH, Jumat (24/5) menjelaskan,  Perda tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2038, untuk memacu percepatan pembangunan kawasan industri di Kalsel.

Perda tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2038 ini, sebut Fadhil, menjadi acuan bagi pemerintah Kabupaten/Kota untuk merumuskan peraturan daerah tentang rencana pembangunan industri di kabupaten/kota.

Ditambahkan Fadhil, melalui sosialisasi ini menjadi momen yang untuk menggali informasi terkait kebijakan provinsi dalam melaksanakan pembangunan sektor perindustrian secara berkelanjutan di Kalsel.

Sebelumnya, Pemprov Kalsel telah menetapkan dua kawasan industri yaitu di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu dan Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Pembangunan dua kawasan ini memerlukan dukungan berbagai infrastruktur penting serta terpadu dan terintegrasi. Dengan adanya Perda tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018-2038, akan menjadi salah satu pedoman hukum untuk kegiatan pembangunan kawasan industri di Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut. Perda ini merupakan salah satu payung hukum melengkapi dari sejumlah produk aturan yang telah ada. rny/ani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *