PMI Siapkan 100 Kantong Darah Perhari

dr Salma Wati

BANJARMASIN– Palang Merah Indonesia (PMI) provinsi Kalimantan Selatan hampir setiap hari pada bulan suci ramadhan ini menyiapkan 100 kantong darah perhari bagi kebutuhan rumah sakit di Kalsel khususnya Kota Banjarmasin.

Ketersediaan kantong darah tersebut disesuaikan dengan permintaan rumah sakit setiap harinya, untuk memenuhi stok darah melalui donor darah di mesjid, gereja danlainnya.

Wakil Sekretaris Bidang Transfusi Darah PMI Kalsel, dr Salma Wati, mengatakan, stok darah di Kota Banjarmasin hari ini ada 450 kantong darah, tapi malam ada kegiatan mobil donor darah di Sabilal Muhtadin bisa menampung 10 sampai 20 kantong perharinya.

Mobil unit PMI di gereja-gereja termasuk instasni ada, stok darah pada bulan suci ramadhan biasanya program mencari ke gereja, vihara, komunitas-komunitas yang mau melaksanakan donor darah.

“ Kebutuhan darah setiap hari terpenuhi sekitar 100 kantong darah untuk semua rumah sakit di Kota Banjarmasin, “ ujar Salma di Banjarmasin, Rabu (15/5).

Kalau di Pelaihari stok sekarang masih aman ada 200 kantong darah dan Martapura juga sama mereka melakukan donor darah di Mesjid danlainnya. Program di Pelaihari mereka ke desa-desa dan mesjid-mesjid.

Biasanya PMI menyiapkand arah minimal 450 kantong darah untuk 4 hari kedepan, jadi 100 kantong darah setiap harinya. Kebutuhan darah paling sulit golonga darah AB, sedangkan yang lainnya terpenuhi saja.

Kalau mobil unit di instasni dapat 50 kantong darah, kalau di Sabilal Muhtadin bisa 20 kantong darah dari pukul 19.00 wita-21.00 wita. Sedangkan di kantor PMI Kota Banjarmasin tetap ada pendonor darah walaupun tidak seperti hari biasa, pada bulan ramadhan ini hanya dapat 20 kanting darah saja.

“Alhamdulillah sebelum bulan puasa kita sudah menyiapkan 1000 kantong darah,” jelasnya.

Prosedur pengambilan kantong darah untuk RSUD Ulin Banjarmasin dengan sistem droving, kalau rumah sakit lain mereka yang datang ke PMI. Kalau transbosit atau pengolahan darah di Banjarmasin bisa, tapi ada juga dokternya yang minta darah baru.rds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *