DLU Siapkan 38 Kapal Selama Ramadhan, Surabaya-Banjarmasin 3 Kapal Laut

PT. Dharma Lautan Utama berbuka puasa bersama mitra kerja dan mengudnang anak yatim disekitarnya.(edoy)
Manajer Usaha PT Dharma Lautan Utama, Gede Mahartha didampingi Manager PT.Dharma Lautan Utama Cabang Banjarmasin,Anton Wahyudi menjelaskan terkait kesiapan armada kapal DLU.(edoy)

BANJARMASIN– Selama bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, PT. Dharma Lautan Utama (DLU) siapkan 38 armada kapal laut, khusus untuk tujuan Surabaya-Banjarmasin 3 kapal laur bagi kenyamanan masyarakat penumpang kapal.

Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut, dampak dari kenaikan harga tiket pesawat terbang yang melonjak akhir-akhir ini.Bahkan Kementerian Perhubungan sudah memperkirakan lonjakan penumpang kapal laut naik menjadi 4,9 persen dari tahun sebelumnya.

Manajer Usaha PT Dharma Lautan Utama, Gede Mahartha,mengatakan, pada bulan suci Ramadhan dan menjelang lebaran nanti, PT. Dharma Lautan Utama sebagai penyelenggara transportasi angkutan laut tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat terutama untuk mudik lebaran maupun liburan sekolah.

 PT. Dharma Lautan Utama sudah siapkan sejak jauh-jauh hari, baik angkutan logistik, mudik lebaran dan liburan sekolah. “Kami siapkan armada kapal lengkap dengan fasilitas dan SDMlainnya.Kami siapkan 38 armada dengan 25 armada lintas penyeberangan dan 13 lintas laut jarak jauh seperti lintasan Surabaya- Banjarmasin.

2 kapal lintas keprintisan di pulau Madura.Total penumpang 230 ribu tempat duduk atau Seat yang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya,”tegas Gede Mahartha, disela acara buka puasa PT. Dharma Lautan Utama cabang Banjarmasin bersama mitra usaha dan kerja di Banjarmasin, Selasa (14/5) malam.

Untuk Banjarmasin ini disiapkan 2 armada kapal yakni Dharma Kartika 9 dan Kirana 9 dan tambahan 1 kapal Kumala karena melihat kebutuhan yang ada, maka digunakan untuk lintas Banjarmasin.

“H-15 kita siapkan armada kapal,peningkatan H-7 sudah puncak-puncaknya lonjakan penumpang, kita atur jadwal dan tarif secara progresif yang pulang awal H-30 ada potongan harga tiket Rp 280 ribu, H-10 sampai H-1 agak dinaikan sedikit,”ujarnya.

Kementerian Perhubungan  memprediksi ada kenaikan 4,9 persen jumlah penumpang kapal laut lebih banyak dari tahun sebelumnya. Karena mahalnya harga tiket pesawat.

” Kami mohon agen tiket untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat,”ujarnya.

Mohon kepada penumpang tidak membawa barang-barang berbahaya, penjualan tiket melalui agen agar nama sesuai identitas, agen dapat mengsosialisasikan agar jadwal sesuai dengan penumpang agar tidak menunggu terlalu lama.

Sesuai slogan kami ‘Senyum,pelayanan dan keamanan’ dengan kualitas pelayanan yang prima inilah salah satu andalan kami,”jelasnya.

Kenaikan saat ini masih sedikit sekitar 5 persen sampai 10 persen, dikhawatirkan mendekati hari “H”. Untuk mengatisifasi calo sudah diantisifasi dengan penjualan tiket online semua penumpang bisa membeli secara langsung dan ketentuan penumpang harus sesuai identitas.

Manager PT.Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin,Anton Wahyudi, mengatakan, untuk tiket penumpang kapal laut Rp 280 ribu, tahap ke 2 ada kenaikan Rp 368 ribu dan lanjut puncaknya Rp 480 ribu.

Untuk kapasitas penumpang kapal Dharma Kartika 9 ada 1700 orang dan kendaran 300 unit, Kirana 9 ada 1300 orang dan kendaran 150 unit, Kumala 1100 orang dan kendaraan 90 unit.

Untuk tahun ini dari Dinas Perhubungan darat belum ada pembatasan seperti logistik tetap dilayani.”Perkedatangan bisa 9 sampai 10 unit truk untuk sayur, kondisi normal bisa 5 sampai 6 unit truk,”jelasnya.rds

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *