Tiga Kapal Disiapkan untuk Arus Mudik

mb/ist/google
ANGKUTAN LAUT – Setiap jelang dan paska Lebaran, kapal laut banyak diminati masyarakat untuk mudik dan balik dari kampung halaman.

BATULICIN – PT. Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu menyiapkan tiga unit kapal untuk melayani calon penumpang yang hendak mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah melalui Pelabuhan Samudera Batulicin menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, dan Pelabuhan Makasar.

Kepala PT DLU Cabang Batulicin, Jamarin, mengatakan armada kapal yang akan melayani penumpang rute Batulicin Surabaya yaitu KMP Dharma Rucitra VII dan KMP Dharma Kartika IX.

“Satu unit armada kapal tujuan Batulicin-Makasar yaitu KMP Dharma Fery III dengan kapasitas mencapai 1.000 – 1.500 penumpang,” katanya, di Batulicin, Selasa 14/5).

Ia mengatakan, untuk pengoperasian ketiga kapal tersebut akan dijadwalkan dan diberangkatkan dari Pelabuhan Samudra Batulicin menuju pelabuhan tujuan tanggal 22, 28, 29 Mei dan 3 Juni.

“Sementara ini kami masih mengupayakan melakukan koordinasi dengan pimpinan DLU pusat agar pada H-10 menjelang hari raya dilakukan penambahan trip pelayaran,” ujarnya.

Sebelumnya dalam jadwal keberangkatan dari Batulicin-Subaraya dan Makasar hanya satu kali trip atau keberangkatan dalam satu minggu, namun pada event ini kami akan mengajukan permohonan agar ada penambahan trip minimal dua kali keberangkatan dalam satu minggu.

Diperkirakan pada H-10 menjelang hari raya jumlah penumpang akan mengalami kenaikan yang signifikan.

Kenaikan jumlah calon penumpang yang hendak mudik lebaran diperkirakan lebih banyak yang memilih menggunakan jalur laut atau kapal dibandingkan jalur udara atau pesawat terbang karena harga tiket pesawat sangat mahal.

Untuk mempermudah dan menjamin kenyamanan calon penumpang PT DLU juga berkomitmen untuk menjaga harga tiket kapal tetap stabil atau tidak ada kenaikan.

“Harga tiket penumpang orang rute Batulicin-Surabaya kelas ekonomi Rp357.000/orang, sedangkan untuk kendaraan roda dua Rp565.000 dan kendaraan roda empat kelas kijang Rp2.875.000-Rp3.575.000,” paparnya.ant/rdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *