Pembuatan Akta Kelahiran Di Tapin Dapat Dilakukan Secara Online

Hj Rusnaidah

RANTAU,- Dinas Ke­pen­du­dukan dan Pencatatan Sipil Kab.Tapin sukses laksanakan inovasi pelayanan publik yaitu pelayanan tanda tangan elektronik untuk Kartu Keluarga dan penerbitan Akta Kelahiran secara Online.

Dijelaskam Hj Rusnaidah, saat ini Kab.Tapin satu-satunya yang melaksanakan pembuatan akta kelahiran secara Online, setiap hari ada sekitar 30 sampai 100 pelayanan yang menggunakan sistem online.

Cara mendaftar online dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs https://dukcapil.kemendagri.go.id/layananonline, ucap Hj Rusnaidah.

Nama pelayanan kita bernama “Simple Kalo” atau sistem pelayanan Online dimana kelebihannya ma­sya­ra­kat tidak perlu lagi datang kedisdukcapil, tetapi kita dapat mengirim data-data melalui Hand Phone.

Sama seperti kita belanja online, nanti disana ada persyarakatan yang harus dipenuhi, setelah data di­ve­ri­fi­kasi, akta kelahiran bisa langsung di cetak.

Akta Kelahiran bahkan dapat dicetak dirumah sendiri, apabila ada keperluan yang mendesak dan dapat di printer dan kertas biasa, hasilnya tetap sah karena ada tanda tangan dari Kepala Disdukcapil, terang Hj Rusnaidah.

Selain Simple Kalo kita sudah punya pelayanan inovasi dengan nama dokter cinta (Dokumen Cepat Terbit Tanpa Diminta) yang sudah berjalan. Bekerjasama dengan RSUD Datu Sanggul, inovasi ini bertujuan agar setiap anak yang lahir bisa cepat mendapatkan Akta Kelahiran, sejak ke­la­hi­rannya.

Sehingga setelah kelahiran pihak keluarga bisa langsung  mendapatkan KK baru, Akta Kelahiran dan KIA, jelas Hj Rusnaidah kepada awak media.

­Ditambahkan Hj Rus­nai­dah, invovasi tanda tangan elektronik di Tapin merupakan yang pertama sukses di­lak­sa­nakan di Kalimantan Selatan, dimana kita sukses m­e­lak­sa­nakan TTI untuk kartu keluarga dan akta kelahiran.

Dijelaskan Hj Rusnaidah, sesuai instruksi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri tahun 2019 Dukcapil di seluruh Indonesia harus menerapkan tanda tangan digital pada dokumen ke­pen­dudukan.

Menindaklajuti hal itu, kita dari Disdukcapil Kab.Tapin telah melakukan ujicoba tanda tangan digital yang berhasil dengan sukses dan lancar dan ditambah dengan inovasi Simple Kalo, ini benar-benar memudahkan masyarakat dalam pelayanan.

Penggunaan nda tangan digital  sangat memudahkan dalam pelayanan data k­e­pan­du­dukan, karena saat memerlukan tanda tangan kepala dinas, seperti pembuatan akta kelahiran dan kartu keluarga, tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas di kantor.

Karena tanda tangan digital bisa dikirim secara online baik dengan ipad, ponsel, atau gawai lain, sehingga sangat me­mudahkan, karena kita sudah memiliki data-data awal, sehingga tanda tangan akan langsung terbaca dan menjadi tanda tangan yang sah, Hj Rusnaidah menerangkan.her/mb03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *