Peran Daerah Dalam Pertahanan Negara

mb/ist
PELAYANAN – Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi dhani bersama Bupati Banjar KH Khalillurahman dan Direktur PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar menjau jaringan pipa yang dikembangkan manajemen PDAM Intan Banjar untuk meningkatkan pelayanan air berih hingga ke Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru.
mb/st
PERTAHANAN – Sekretaris Daerah Kota Banjarbru H Said Abdullah memberikan sambutan saat membuka acara Seminar Sinkronisasi Kebijaka Pertahanan Negara di Aula Gawi Sabarataan.

BANJARBARU – Sekretaris aerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah membuka Seminar Sinkronisasi Kebijakan Pe­r­tahanan Negara di Aula Gawi abarataan, Balaikota Kota Banjarbaru, Jumat (26/4).

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Kanor Wilayah Kemen­terian Pertahanan Kalimantan Selatan Kolonel Infanteri Benny Wahyudi, Komandan atuan Brimobda beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan orgnisasi se-Provinsi Kalimantan Selatan, serta undangan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahaan Kali­mantan Selatan Kolonel Infan­teri Benny Wahyudi dalam sambutannya menegaskan, peran daera dalam aspek per­tahanan negara sangat penting.

Menurutnya, daerah dapat menjadi pintu masuk atangnya ancaman nonmiliter yang be­r­sifat multidimensi. Sehingga, sangat perlu sinkronisasi kebijakan prtahanan nirmiliter di daerah, yang memiliki kemampuan-kemampuan, dian­tara­­nya kewas­padaan dini bela negar, ilmu pengetahuan dan tekhnologi ekonomi, sosial, moral, serta dukungan per­tahanan negara.

Untuk itu, perlu adanya sinkronisasi kebijakan perta­hanan negara antara pemerintah pusat dan daerah, dalam keragka pembinaan kesadaran bela negara.

Pengelolaan sistem perta­hanan negara dilaksanakan dengan mensinergikn dan meng­integrasikan pertahanan militer dan pertahanan nirmiliter secara fisik dan non fisik, dalam kesatun pertahanan dengan menyeim­bangkan aspek keamanan dan kesejahteraan.

Perwujudan sinergitas ini diharapkankan mampu mening­katkan efektivitas dan efesiensi koordinasi dalam penyeleng­garaan pertahanan negara di seluuh wilayah NKRI. Kemen­terian Pertahanan selaku peng­em­ban fungsi pemerintahan di bidang pertahanan, haus berperan aktif mendorong terwujudnya sinergitas kemnterian/lembaga dan pemerintah daerah dalam mencapai tuuan negara.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah dalam sambutannya mengatakan, seminarini sekaligus mem­perkenalkan kepada masyarakat jika di Kota Banjarbaru ada Kanwil Pertahanan, dan juga ­merupakan salah satu upaya tepat untuk memperketat kembali persatuan dan kesatuan masya­rakat dalam menjaga keamanan dan dalam bemasyarakat, se­hingga mampu menimbulkan sikap cinta tanah air, bela negara, bermoral yang mengacu kepada iologi Pancasila, serta dukungan pertahanan negara.

Sekda menegaskan, perta­hanan negara bukan hanya tang­gung jawb TNI dan Polri, me­ain­kan juga seluruh elemen masyarakat harus terlibat didalamnya.

Konsep arsitektur penye­lenggaraan pertahanan negara dilaksanakan dengan sistem per­ta­hanan semesta, sistem ini merupakan totalitas dari kese­lu­ruan kekuatan kom­ponen rak­yat dan sum­ber daya negara, serta sarana dan prasarana na­sional sebagai atu kesatuan per­tahanan. dio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *