loader image

Siapkan Rp9 Miliar untuk Drainase

Arifin Noor

BANJARMASIN – Menjadi salah satu program prioritas, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarmasin tahun ini memgalokasikan anggaran sebesar Rp9 miliar untuk perbaikan drainase.

PUPR mengutamakan pekerjaan drainase pada kawasan-kawasan rawan tergenang, drinase rusak parah, kawasan yang tak ada sama sekali drainase bahkan kawasan pasar tradisonal seperti pasar Sentra Antasari, Pasar Teluk Dalam, Telawang dll.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Arifin Noor, pemeliharaan drainase tersebut untuk menghindari drainase tersumbat baik dari lumpur, pasir dan sampah plastik.

“Yang membuat jalan bisa tergenang itu biasanya bermsalah dengan drainasenya, entah itu karena sampah, lumpur atau pasir. Makanya secara rutin drainase tersebut selalu dibersihkan oleh pasukan turbo PUPR,” ujar Arifin. selasa (16/4)

Arifin juga mengatakan, dalam pembangunan sekaligus pemeliharaan drainase sebenarnya memerlukan anggaran yang cukup besar. Paling tidak Rp 10 miliar per kecamatan, namun untuk tahun ini hanya memaksimalkan anggaran sebesar Rp9 miliar untuk drainase se kota Banjarmasin.

“Tapi kita maksimalkan anggaran yang ada tersebut, paling tidak secara perlahan bertahap melakukan pemeliharaan, “jelasnya.

Ia menjelaskan dalam pemeliharaan drainase tersebut tak cukup hanya satu kali namun rutin dilakukan setiap bulan. “Makanya ada juga tim turbo yang khusus untuk memelihara drainase,” ujarnya.

Arifin pun berharap ke depan anggaran drainase bisa lebih meningkat agar percepatan pembangunan drainase cepat selesai.

Ia juga ingin dalam pembangunan infrastruktur ini perlu melibatkan pelaku usaha melalui CSR untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur kota.

Ia juga menuturkan, bahwa suatu daerah bisa dikatakan maju apabila infrastrukturnya sudah sangat memadai untuk dimanfaatkan publ, baik itu pada sarana dan prasarana seperti Jalan, jembatan yang juga ditunjang dengan kebersihan dan kelancaran drainase agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat.

Ia pun berharap dengan upaya Pemkot Banjarmasin melalui Dinas PUPR kota Banjarmasin, kota Baiman tersebut bisa mewujudkan program visi dan misi Wali dan Wakil Wali kota dalam meningkatkan infrastruktur Daerah. via/mb05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *