loader image

Sayuran yang Ditumis Ternyata Bisa Lebih Sehat Dibanding Sayuran Direbus

BANYAK orang yang menganggap bahwa sayuran yang direbus lebih sehat dibanding ditumis. Namun rupanya hal ini tak selamanya atau mutlak seperti itu.

Sebuah temuan tak terduga datang dari para peneliti University of Granada. Hasil penelitian tersebut me­nun­juk­kan bahwa sayuran yang diolah dengan cara ditumis dengan minyak zaitun jauh lebih sehat dibandingkan dengan sayuran rebus.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry menunjukkan kemampuan minyak zaitun untuk meningkatkan fenol dalam sayuran.

Fenol adalah bahan kimia sehat yang bekerja melindungi sel-sel, dan mengurangi risiko kanker, diabetes, dan risiko kehilangan kemampuan melihat karena faktor usia.

Dilansir dari Medical Daily, para peneliti melakukan percobaan dengan me­ng­gu­na­kan kentang, labu, tomat dan terong yang dimasak dengan berbagai cara.

Mereka mengolahnya dengan cara ditumis, direbus dengan air, dan juga direbus dengan campuran air dan minyak zaitun.

Masing-masing metode pengolahan tersebut dibandingkan dengan sayuran mentah. Selain itu para peneliti juga mengukur kelembapan, lemak, jumlah kandungan fenol dan antioksidan.

Hasilnya, sayuran yang ditumis dengan minyak zaitun memiliki kandungan fenol yang terbaik. Penyebabnya adalah minyak mampu menyalurkan panas dalam sayuran dengan cara yang berbeda dari air.  

Penyaluran tersebut me­ning­katkan fraksi fenol, yaitu proses kimia yang mengekspresikan fenol dalam makanan. Sehingga minyak zaitun mampu meningkatkan senyawa fenolik dalam sayuran.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga mampu meningkatkan jumlah lemak dalam sayuran dibandingkan dengan sayuran yang direbus.

Minyak zaitun khususnya extra virgin olive oil terbukti meningkatkan jumlah fenol dalam sayuran saat ditumis.

Sementara mengolah sayuran dengan cara direbus tidak memengaruhi peningkatan kan­dungan fenol. Wa­lau be­gitu, tentu tak dapat dipukul rata bahwa semua sayuran yang ditumis pasti lebih sehat di­banding direbus.   

Selain itu, tak dapat dipungkiri juga mengolah sayuran dengan cara ditumis tersebut juga meningkatkan kepadatan energi karena adanya penyerapan minyak.mdk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *