Dandim Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan

mb/bambang
BERSAMA – “Gowes Bararasih” dalam rangka memperingati HUT Kodim 1007 Banjarmasin ke-57 dan Hari Peduli Sampah Nasional bersama masyarakat.

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Distrik Militer (Kodim) 1007 Banjarmasin yang ke-57, masyarakat diminta peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan melaksanakan Gowes Bararasih.

Dengan melaksanakan “Go­wes Bararasih” oleh jajaran Kodim 1007 Banjarmasin ber­sama masyarakat kota tersebut, sebab masalah kebersihan ling­kungan bukan hanya tanggung­jawab pemerintah kota saja, tetapi TNI dan masyarakat ikut terlibat untuk menjaga ke­bersihan tersebut.

Komandan Kodim (Dandim) 1007 Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif mengatakan, tujuan yang terpenting itu adalah memotivasi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, yaitu dengan memberikan tempat sampah, agar masyarakat ber­buat baik khususnya terhadap lingkungannya.

Dengan memberikan mo­tivasi itu, akan tumbuh kesadaran dan ada kepedulian, terhadap mereka untuk menjaga keber­sihan di lingkungannya, diharap­kan akan tumbuh, cinta kam­pungnya dan kotanya sendiri.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan akan tumbuh dan cinta terhadap kam­pung dan kotanya sendiri untuk menjaga kebersihan diling­kungan masing-masing,”katanya.

Terkait dengan peringatan HUT ke-57 Kodim 1007 Ban­jarmasin ini katanya, sebenarnya simpel saja tidak lain untuk meminta doa masyarakat, agar jajarannya bisa melaksanakan tugas dengan baik.

“Semua itu salah satu pro­gram “Mulawarman Peduli” yaitu pihaknya peduli terhadap masyarakat, kebersihannya, ketertiban dan ke­amanan­nya,­”katanya.

Sementara itu, Danramil Banjarmasin Utara Mayor Inf Achmad Amin mengungkapkan, sebagai tuan rumah wilayah Banjarmasin Utara untuk menye­lenggarkan “Gowes Bararasih” muaranya bertitik finis Kelurahan Sungai Andai di Komplek Imunitas Bangsa Kayu Bulan.

Tujuannya memberikan contoh masyarakat memunggut sampah itu, bukan merupakan hina, sebab bersih daripada iman, dengan satu kali memungut saja, tentunya akan tercipta kampung dan kota yang bersih, hal ini akan tumbuh suasana yang sejuk dan damai, bahkan bisa mengundang wisatawan baik domistik maupun dari luar, apalagi yang dilaksana­kan oleh Camat Banjarmasin Utara, dimana disebutkan Kelu­rahan Sungai Andai dibuat kampung seribu wajah, bahkan pihaknya akan menindaklanjuti susur sungai tepat di Sungai Gampa.

“Saya Berharap akan ada berlanjutan terhadap kampung-kampung lain, khususnya di Ban­jarmasin Utara dan umumnya di Kota Banjar­masin,”­ungkap­nya.

Sementara itu, Camat Ban­jar­masin Apiluddin mengatakan, kegiatan seperti in dinilai luar bisa, bahwa benar tiga pilar itu, antara TNI,Polri dan pemerinta harus bergandengan, apalagi hari berkaitan dengan HUT Kodim 1007, semangat jaya terus artinya kepedulian jajaran TNI dengan masyarakat begitu akrab, dika­renakan dengan adanya tiga pilar tersebut.

“TNI dan Polri dengan masyarakat semakin dekat, makanya kegiatan ini sangat mendukung, jadi peran mereka yang ditunggu- tunggu masya­rakat, dengan adanya tiga pilar tersebut,”katanya.

Kemudian Lurah Sungai Andai Akhmad Fakhrudy meng­­ungkapkan, secara pribadi dirinya banyak berterima kasih untuk memotivasi warga sungai andai, dalam melaksanakan dan menjaga kebersihan ling­ku­ngan­n­ya yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 1007 Banjarmasin tersebut.

Apalagi wilayah sungai andai akan menciptakan kampung seribu wajah, tentunya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya untuk menjaga kebersihan dimasing-masing Rukun Tetangga (RT).

“Kita berharap dengan ada­nya motivasi ini, oleh jajaran Kodim 1007 Banjarmasin ter­sebut, selain kodim semakin jaya dalam rangka memotivasi masya­rakat, khusunya untuk menjaga NKRI,”ungkapnya.edo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *