Aktivitas Fisik Seperti Membersihkan Rumah Bisa Jadi Pengganti Olahraga

OLAHRAGA merupakan salah satu cara yang jamak dilakukan orang untuk menjaga kesehatannya. Selain membuat tubuh bugar, berolahraga mencegah kita dari osteoporosis dan obesitas.

Olahraga sendiri merupakan bagian dari aktivitas fisik yang disarankan untuk dilakukan manusia. Aktivitas ini dapat menjadi salah satu pendamping atau pengganti olahraga yang dilakukan.

“Sebenarnya hanya pengertiannya saja. Olahraga itu bisa disebut aktivitas fisik. Orang bekerja pun tergolong aktivitas fisik,” kata dokter spesialis kedokteran olahraga Rumah Sakit Premier Bintaro, Hario Tilarso.

Pada dasarnya, olahraga harus dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan durasi selama 20 sampai 60 menit. Akan tetapi dalam satu minggu itu, atau sehari-harinya, kita jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik.

“Aktivitas fisik itu bisa menggosok pakaian, mengepel, naik turun tangga. Itu juga sudah bergerak. Jadi, memang aktivitas fisik itu diperlukan,” kata Hario.

Hanya saja saat ini, banyak dari kita yang masih saja malas untuk melakukan beragam aktivitas fisik. Saat ini, semua serba mudah. Menurut Hario, itu mengapa sekarang ini banyak orang yang mudah sekali gemuk.

“Di rumah ada pembantu, pembantunya disuruh mengerjakan semuanya. Giliran disuruh olahraga, malas. Susah kan jadinya?,” ujarnya.

Pengertian aktivitas fisik, jelas Hario, ada aktivitas yang membuat kita bergerak. Banyak kegiatan yang bisa kita pilih, dari sekadar jalan kaki, renang, atau mengerjakan pekerjaan di rumah, dan naik tangga.

“Itu sudah aktivitas fisik,” katanya. Bagaimana dengan olahraga? Menurut Hario, olahraga ada aturannya. Ada gerakan yang dilakukan berulang-ulang atau terus menerus.

Lari, misalkan. Lari yang benar adalah terus menerus tanpa berhenti dengan jeda yang terlalu lama.

“Mudah, kan? Tapi orang masih saja malas melakukannya,” tandas Hario.mdk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *